VIDEO: Akrobat Lompat Tonggak, Aksi Barongsai Surya Naga Bikin Heboh Pengunjung Grand City

889 views
Barongsai dari Yayasan Surya Naga menggelar atraksi menyambut Tahun Baru Imlek di Atrium Grand City Mall Surabaya.

iniSURABAYA.com – Tahun Baru Imlek identik dengan barongsai. Maka aksi barongsai di Atrium Grand City Mall yang digelar sejak 18 Januari lalu pun selalu jadi pusat perhatian pengunjung.

Apalagi yang tampil tak hanya satu barongsai. Pengunjung disuguhi dua atraksi barongsai, yaitu merah dan putih. Diiringi gemuruh alat musik yang terdiri dari tambur, tong-tong, dan ceng-ceng, barongsai merah meliuk-liukkan badannya dari sudut ke sudut panggung yang dibatasi pagar sehingga pengunjung hanya bisa menyaksikan di sisi luar pagar. 

Sesekali barongsai yang dimainkan dua orang dibalik kostumnya ini menghampiri penonton. Di saat seperti itu, pengunjung pun paham kemudian mengulurkan amplop merah yang sudah disiapkan dan dimasukkan ke mulut barongsai yang menganga lebar.

Usai atraksi barongsai merah, disusul berikutnya barongsai warna putih yang ternyata lebih seru sehingga bikin penonton makin terpaku di tempatnya. Tak sedikit pula yang mengarahkan kamera gawai mereka ke arah barongsai putih ini.

Setelah ‘menyapa’ penonton sambil berkeliling di sepanjang pagar, barongsai putih ini pun mulai beraksi dengan melompat-lompat di atas tonggak persis di depan panggung.

Sesekali pula barongsai putih ini melenggak-lenggokkan badannya, kemudian menggoyang-goyang kepala. Aksi genit barongsai ini pun mengundang aplaus pengunjung. 

“Atraksi tonggak ini memang yang paling ditunggu oleh penonton,” kata Jimmy, manager Surya Naga, yayasan yang menaungi para pemain barongsai tersebut.  

Menurut Jimmy, untuk bisa melakukan atraksi akrobat di atas tonggak itu, diperlukan latihan serius selama setahun. 

“Selain keseimbangan, yang terpenting ketika melakukan atraksi yakni menyelaraskan gerakan antar pemain muka dan belakang harus kompak,” tegasnya.

Slamet, salah seorang pengunjung Grand City Mall Surabaya yang datang bersama keluarga besarnya mengaku terkesan atas atraksi akrobat tersebut. “Seru. Anak-anak pun terhibur oleh penampilan barongsai tadi,” cetusnya.

Diakui Slamet, akrobat yang dilakukan pemain barongsai tak bisa dilakukan sembarangan. “Perlu latihan khusus pastinya, dan hasilnya sangat memuaskan,” ujarnya. 

Sementara Hanna Septia, PR Grand City Mall Surabaya menegaskan bahwa untuk merayakan Tahun Baru Imlek kali ini pihaknya sengaja menghadirkan atraksi barongsai yang berbeda.

“Tak Cuma barongsai keliling mall, tetapi ada atraksi tonggaknya, ada akrobatnya, sehingga makin menarik perhatian pengunjung,” ucapnya.  

Menurut Hana, kelompok barongsai dari Yayasan Surya Naga ini juga sudah go-international. “Selain barongsai tonggak, kami juga menghadirkan barongsai lantai, Chinese music traditional, dan sebagainya,” ungkapnya. dit

#akrobat #barongsai #grandcitymall #tahunbaruimlek

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)