Pengantin Tetap Tampil Menawan dengan Balutan Busana Batik Sekar Jagad, Simak Kreasi Desainer Asal Madiun Ini

iniSURABAYA.com – Busana pengantin berbahan batik? Tampilan anti mainstream ini coba digulirkan desainer Ulfa Mumtaza saat menggelar karyanya di Grand City Surabaya, Sabtu (1/2/2020).

Desainer asal Madiun ini mengaku dirinya ingin mengalihkan perhatian masyarakat yang selama ini cenderung berkiblat pada busana pengantin gaya Eropa, baik itu klasik maupun modern.  

Bacaan Lainnya

“Kita punya warisan budaya yang tidak kalah menariknya, yaitu batik,” begitu tegasnya.

Dengan sedikit kreativitas, lanjut Ulfa, kain batik itu bisa dikreasi menjadi busana pengantin yang mewah dan elegan.  

“Saya bangga pada kain wastra Nusantara ini. Jadi hampir 90 persen desain baju karya saya selalu menggunakan batik,” bebernya.  

Ulfa menekankan bahwa batik dapat diaplikasikan jadi banyak ragam model, motif, dan warna gaun. Busana pengantin yang panjang menjuntai, karya Ulfa hadir dalam bentuk ballgown dengan bahan kain batik Madura yang dipadupadankan dengan bahan jaguard dan alexandra.

“Saya sendiri memilih motif sekar jagad yang dituangkan dalam bentuk bordir pada gaun pengantin ini. Sebelumnya motif batik yang banyak digunakan adalah Sidomukti,” ungkapnya.

Untuk menambah kesan mewah, Ulfa berkreasi dengan menambahkan untaian Swarovsky dan payet yang tersebar di beberapa motif batik dan penuh di bagian dada.

Yang juga tak biasa, busana pengantin batik ini terlihat cantik dalam wujud warna silver. “Kebanyakan baju pengantin pasti warnanya putih ke silver. Selain netral warna ini juga cocok untuk beberapa jilbab yang dikenakan, seperti mengunakan warna hijau muda yang senada dengan warna batiknya,” cetusnya.

Ulfa berharap hadirnya kreasi busana pengantin ini, selain menambah khasanah mode yang mengangkat batik tanah air, juga dapat menjadi referensi lain untuk busana pengantin. dit

Pos terkait