Peringati Hari Bumi, Keluarga Tari Indonesia Gelar Menari Sujud Bumi Massal

Keluarga Tari Indonesia menggelar aksi ‘Sujud Bumi’ untuk memperingati Hari Bumi pada Rabu (22/4/2020).

iniSURABAYA.com – Gerakan ‘melawan corona’ dilakukan semua elemen masyarakat di negeri ini. Salah satunya adalah Keluarga Tari Indonesia yang memprakarsai kegiatan Sujud Bumi.

Gerakan kebudayaan Indonesia ‘melawan corona’ ini bakal dilakukan serentak pada Hari Bumi pada Rabu (22/4/2020). “Hingga hari ini (Senin, 20/4/2020) sudah ada 767 orang yang mendaftar Sujud Bumi,” ungkap Heri Lentho, motor aksi Sujud Bumi kepada iniSurabaya.com.

Bacaan Lainnya

Menurut Heri Lentho, mereka yang antusias bergabung di gerakan ‘melawan corona’ ini terdiri dari para penari dan penata tari se-Indonesia.

Heri Lentho lalu menyebut nama Hartati dari Jakarta sebagai contoh. Selain itu juga Erimefri (Padang), Miroto (Yogyakarta), Ridwan Aco (Makasar), dan I Wayan Dibia (Bali).

“Saat matahari terbit kami secara serentak menari Sujud Bumi yaitu sujud syukur sembari mengheningkan cipta dan berdoa, agar semua mahkluk di bumi terbebas dari bencana dan malapetaka terutama virus Corona,” paparnya.

Gerakan tari tersebut, lanjut Heri Lentho, dilakukan selama satu menit di tempat masing-masing. “Ini upaya kami, Keluarga Tari Indonesia dengan energi yang sama, bersatu untuk menebar nilai kebaikan dan energi positif bagi semesta alam raya ini dalam memaknai Hari Bumi,” cetusnya.  

Lebih lanjut seniman Surabaya ini menyatakan, saat dunia dilanda virus corona, banyak manusia yang sakit bahkan meninggal dunia.

“Negeri kita Indonesia mengalami hal yang sama. Untuk menghadapi (musibah) itu, pemerintah telah memberlakukan jaga jarak dan semua warga dihimbau diam di rumah,” imbunya.

Seiring hadirnya virus global ini, justru membangkitkan ruh sejati budaya Nusantara pada manusia Indonesia yaitu ‘kegotong royongan’ dalam menghadapi segala gangguan, musuh bahkan virus COVID-19 yang melanda.

“Gerakan massal ini sebagai sikap bersatunya manusia Indonesia dalam melawan pandemic corona,” tandasnya.

Selain itu  Keluarga Tari Indonesia, yang terdiri dari penari, penata tari serta pekerja seni pertunjukan dari seluruh Indonesia sedang mempersiapkan video Tari Sujud Bumi.

Video berdurasi satu menit dengan iringan musik karya Epi Martison itu akan ditayangkan secara serentak di sosmed masing-masing. dit

Periode penayangan video Hari Bumi 22 April 2020
Tayang 1: pukul 06.30 WIB
Tayang 2: pukul 12.00 WIB
Tayang 3: pukul 18.00 WIB

Pos terkait