‘Circle of Life’, Kesempatan untuk Terus Bersama Hewan Peliharaan Kesayangan

345 views
ILUSTRASI : Pondok Pengayom Satwa menyediakan solusi bagi pecinta satwa yang ingin tetap berdekatan dengan hewan kesayangannya yang sudah meninggal.

iniSURABAYA.com | JAKARTA – Freddy Wijaya memeluk pot yang berisi tanaman Sri Gading dan bertuliskan ‘Puupuu’ sambil tersenyum. Menurut Freddy, pot itu berisi abu Puupuu, seekor burung hantu celepuk, yang dia adopsi sejak 2019 tapi telah meninggal pada awal tahun ini.

“Ketika Puupuu meninggal, saya bingung mau menguburkan di mana. Karena saya sendiri tinggal di rumah yang memiliki lahan yang terbatas,” tuturnya.

Freddy kemudian diberitahu oleh temannya agar ke Pondok Pengayom Satwa untuk menguburkan Puupuu. “Di PPS saya dapat solusi agar dapat bersama hewan peliharaan saya dengan melakukan kremasi dan meletakkan abunya di pot berisi tanaman,’’ kata Freddy.

Freddy menambahkan,“Saya sengaja memilih pohon Sri Gading, karena saya ingin terus bersama dengan Puupuu sampai tua nanti. Dan tanaman ini dapat hidup di dalam ruangan.”

Inisiatif yang diberi nama Circle of Life ini muncul karena PPS tidak lagi memiliki lahan untuk menguburkan Puupuu.  Saat ini Pondok Pengayom Satwa hanya memiliki lahan pemakaman satwa yang terbatas, dan masyarakat yang ingin menguburkan binatang peliharaannya harus menunggu jika ada orang lain yang bersedia menumpuk makam hewan peliharaan mereka.

Pot Circle of Life akan berisi zat hara dan bibit tanaman yang mampu untuk menunjang kehidupan tanaman dari awal ditanam. Namun, seperti layaknya hubungan dengan hewan peliharaan, mereka yang memutuskan untuk meletakkan abu binatang peliharaannya di Circle of Life perlu merawatnya dengan baik agar mereka dapat tetap bersama dengan binatang peliharaan mereka.

“Kami membuat Circle of Life karena kami ingin memberikan kesempatan bagi pecinta binatang untuk tetap dapat bersama dengan hewan peliharaan mereka,” kata drh Hadi Wibowo, salah satu pengurus Pondok Pengayom Satwa.

Hadi Wibowo menekankan, pengurus Pondok Pengayom Satwa percaya bahwa cinta kasih yang diberikan kepada binatang peliharaan ini dapat terus diberikan kepada tumbuhan-tumbuhan ini.

“Secara lebih besar, ini juga upaya kami untuk mengatasi keterbatasan lahan pemakaman yang kami miliki,” tegasnya.

PPS sampai saat ini sedang membuat pot Circle of Life dalam tiga jenis ukuran. Para pecinta binatang yang terus ingin bersama dengan hewan peliharaannya dapat datang langsung ke PPS di Jl Harsono RM No 10  RT 9/RW 4, Ragunan, Jakarta Selatan.

“Atau keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Pondok Pengayom Satwa melalui nomor telepon di  0858-1133-9069,” ujar Hadi Wibowo. wid

#circleoflife #jakarta #pondokpengayomsatwa #pot

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)