Penulis dan Akademisi Tampil di ‘International Webinar On Creative Writing’, Seminar Daring Untag Dibanjiri Peserta dari Berbagai Negara

837 views
Webinar Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

iniSURABAYA.com – Sejak wabah Covid-19 melanda masyarakat dunia, Webinar menjadi kegiatan akademik yang cukup popular. Karena dilaksanakan secara daring, narasumber dan peserta seminar tidak perlu tatap muka secara fisik.

Tak mau ketinggalan, Program Studi Sastra Inggris Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menyelenggarakan International Webinar on Creative Writing in an Online Learning Mode, Kamis (18/6/2020).

”Penyelenggaraan webinar ini merupakan kontribusi nyata pengabdian kepada masyarakat FIB, sebagaimana tertuang dalam Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu mengajar, mengabdi, dan meneliti,” kata Mateus Rudi Supsiadji SS MPd, Ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Untag Surabaya.

Untuk webinar berskala internasional ini, Program Studi Sastra Inggris Untag Surabaya berkerja sama dengan empat universitas, yaitu Southern Cross University Australia, Hebei Foreign Studies University China, Universitas Ciputra Surabaya, dan Universitas Sintuwu Maroso Poso.

Tema sentral Creative writing dipilih karena topik ini belakangan makin banyak didiskusikan di bidang akademik, publikasi, dan kesastraan. Terbukti, begitu dipublikasikan dalam waktu singkat pendaftar webinar ini berjumlah 647 orang.

Selain Indonesia, peserta webinar berasal dari beberapa negara seperti Thailand, India, Srilanka, dan Malaysia. Sebagian peserta mengikuti webinar via platform Zoom, dan sebagian lagi mengikuti via Youtube Live Streaming.

Menurut Dr Pariyanto Med, Ketua Panitia Webinar, pemateri pada seminar internasional ini adalah para praktisi, peneliti, penulis, dan akademisi yang berkecimpung di tulisan serta proses menulis.

Dr John Charles Ryan, sastrawan dan peneliti yang menulis secara ekstensif tentang kehidupan tanaman dan hubungan manusia di dunia alam mempresentasikan tentan penulisan puisi.

Prihandari Satvikadewi, Dosen Untag Surabaya yang juga dikenal sebagai penulis cerita pendek yang cukup produktif dengan nama pena Vika Wisnu mengetengahkan materi ‘Doing Research in a Short Story Writing’.

Lainnya adalah Niki Raga Tantri dari Hebei Foreign Studies University yang aktif mengajar secara daring di Universitas Terbuka. Begitu juga Natalia Christiani dan Novalita F Tungka, para akademisi yang cukup aktif menulis dan aktif terlibat dalam pembelajaran menulis daring menyampaikan materi tentang metode pembelajaran menulis kreatif melalui berbagai platform.

Dari 261 peserta yang mengisi formulir feedback kegiatan, 75 persen menyatakan kegiatan webinar ini sangat bermanfaat, dan 85 persen menyatakan pematerinya sangat kompeten.

Sementara 67 persen menyatakan puas dengan organisasi penyelenggaraan webinar, dan berharap international webinar dibuat berseri dengan topik Public Speaking, Academic Writing, Digital Learning Media, Multicultural Online Learning, Writing Journal articles, dan beberapa topik lainnya tentang penulisan. dit

#penulis #universitas17agustus1945 #webinar

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)