Dipercaya Jadi Mensos, Risma : Berat, Ini Kementerian Nangani Wong Susah

411 views
Tri Rismaharini

iniSURABAYA.com – Tri Rismaharini resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Sosial menggantikan Jualiri P Batubara yang tersangkut kasus korupsi.

Ditanya mengenai kepercayaan yang diberikan Jokowi kepada dirinya sebagai Mensos, Risma tak menepis bahwa menjadi Mensos bukan tugas yang mudah.  

“Berat ya. Karena Mensos itu mengurus orang dalam kondisi kesusahan, sedih. Kementerian ini tangani wong susah,” paparnya kepada awak media melalui jaringan video call usai pengumuman enam menteri baru hasil resufle Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Selasa (22/12/2020).

Meski begitu, Risma menandaskan sudah memastikan langkah awal yang akan dilakukan begitu dilantik sebagai Mensos. “Pertama saya akan benahi data supaya tidak ada selisih. Misal kemarin belum meninggal, tetapi hari ini mendadak meninggal, padahal data sudah disepakati kemarin,” urainya.

Pembenahan data itu, lanjut Risma, diharapkan bisa menekan kesalahan yang bakal terjadi. “Kita harapkan datanya bisa valid. Kesalahan, error-nya bisa rendah,” tegasnya.    

Dalam pembicaraan dengan Jokowi terkait tugas sebagai Mensos, Risma mengaku sudah mendapat arahan bahwa nanti tidak ada lagi pemberian bantuan dalam bentuk tunai.

“Harus dilakukan transfer langsung kepada yang bersangkutan,” tandas Risma mengutip pesan Jokowi.  

Risma merencanakan selain pemberian bantuan, juga akan melakukan program-program pemberdayaan sehingga masyarakat lebih bisa mandiri.

Risma lalu menunjuk program yang sudah berjalan di Surabaya, seperti adanya pahlawan ekonomi juga pembekalan pada anak-anak yang ditampung oleh Pemkot Surabaya.

Angan-angan lain Risma, adalah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di daerah masing-masing untuk setiap program Kemensos. “Misal di Papua ada Universitas Cendrawasih, lalu di Sumatera Utara juga ada perguruan tinggi apa di sana,” imbuhnya.    

Kerjasama itu, ditekankan Risma, diharapkan bisa memberi evaluasi sehingga goal maupun outputnya lebih kelihatan. dit

#jokowidodo #menterisosial #PresidenJokowi #trirismaharini #walikotasurabaya

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)