Efek Pandemi, Durasi Panggilan Grup di Line Alami Kenaikan 100% di Bulan Desember 2020

343 views

iniSURABAYA.com | JAKARTA – Pandemi Covid-19 yang masih terjadi di berbagai negara di dunia mendorong masyarakat untuk menggunakan berbagai aplikasi komunikasi agar tetap terhubung dengan aman dan mudah.

Sebagai aplikasi komunikasi yang menyediakan beragam fitur menarik, sepanjang tahun 2020 Line terus memperbarui layanan miliknya sehingga bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi.

Pada akhir tahun 2020 lalu, Line melihat kenaikan penggunaan dari salah satu layanan miliknya, panggilan grup. Dibandingkan Desember 2019, durasi penggunaan panggilan grup Line meningkat 100 persen pada Desember 2020.

“Kondisi pandemi yang mendorong kita tinggal di rumah dan tetap terhubung melalui layanan aplikasi komunikasi menjadi salah satu faktor meningkatnya penggunaan layanan panggilan di Line,” kata Matthew Tanudjadja, Product & Engineering Lead Line Indonesia.

Selain itu, lanjut Matthew Tanudjadja, sepanjang tahun 2020, Line juga terus berinovasi dengan mengeluarkan ragam pembaruan untuk layanan panggilan miliknya yang bermanfaat bagi pengguna, seperti Watch Together.

Saat menggunakan Watch Together, pengguna bisa menonton konten YouTube bersama-sama ketika melakukan panggilan grup, Line Meeting yang memungkinkan bertatap muka secara daring hingga 500 orang.

“Selain itu juga hadirkan Line Avatar yang membuat pengguna bisa berkomunikasi di grup dengan menggunakan avatar yang mereka buat di Line,” paparnya.

Layanan komunikasi lain yang juga mengalami peningkatan adalah panggilan 1:1 jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Rata-rata durasi panggilan antar sesama pengguna Line meningkat sebanyak 90 persen di akhir tahun 2020.

Meski begitu, puncak penggunaan kedua fitur ini tidak terjadi pada bulan Desember. Angka tertinggi penggunaan panggilan grup di Line terjadi pada bulan Agustus 2020.

Sementara durasi tertinggi panggilan 1:1 dan panggilan grup di Line terjadi pada Desember 2020. Durasi penggunaan layanan panggilan video pada tahun 2020 juga mencapai puncaknya pada bulan September.

Selain karena situasi pandemi Covid-19, kehadiran sejumlah fitur baru pada layanan panggilan di Line juga menjadi faktor penggunaan layanan yang lebih tinggi.

Sejumlah fitur baru seperti fitur Watch Together memungkinkan penggunanya bersama-sama menonton konten YouTube di panggilan grup tanpa harus berpindah platform.  

Kebutuhan untuk rapat daringyang meningkat juga mendorong Line Corporation untuk merilis fitur Line Meeting yang bisa menampung hingga 500 orang.

Kehadiran Line Avatar baru-baru ini yang memungkinkan pengguna memiliki panggilan di grup secara lebih menarik dengan menggunakan avatar juga menjadi faktor unik yang membedakan layanan ini dengan layanan serupa lain.  

Melalui misinya, Closing the Distance, Line terus menghadirkan pembaruan berdasarkan kebutuhan pengguna dan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai utama kami yang bertujuan untuk menyediakan layanan komunikasi antar keluarga, teman, dan kerabat.

Line sekaligus akan menyediakan ragam layanan komunikasi lain serta ragam cara baru dalam mendapatkan informasi yang dioptimalkan bagi pengguna. wid

#lineindonesia #pandemi #watchtogether

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)