Ingatkan Warga Kota Terapkan Disiplin 3M, ‘Super Hero’ New Man Blusukan ke Pasar Tradisional hingga Mall di Surabaya

251 views
New Man ikon protokol kesehatan Pemkot Surabaya blusukan ke pasar-pasar tradisional untuk mengingatkan pedagang dan pembeli agar terus disiplin melakukan 3M.

iniSURABAYA.com – New Man, sosok ‘superhero’ ala Surabaya yang selama ini hadir dalam wujud gambar dan video di sejumlah media sosial, akhirnya tampil dalam bentuk aslinya di tengah warga Kota Surabaya.

Tokoh dalam balutan baju serba hijau plus sayap ala Superman, sepatu booth, dan sarung tangan sewarna, serta tentu saja memakai masker ini pertama kali hadir di tengah-tengah pengunjung Kebun Binatang Surabaya, Jumat (1/1/2020).

New Man mengingatkan pengunjung agar tidak lupa pada protokol kesehatan. “Maskernya jangan dilepas ya. Juga jaga jarak, jangan bergerombol,” katanya sambil berkeliling ke seluruh area KBS.

Tak hanya mengingatkan. New Man tak jarang pula langsung membantu memasangkan masker kepada anak-anak yang terlihat tidak memakai masker.

“Maaf ya dik, New Man pakaikan masker ya,” kata sang New Man dengan kalimat ramah sembari memakaikan masker.

Aksi New Man kemudian berlanjut di sejumlah lokasi lain yang diketahui banyak dikunjungi massa. Diantaranya adalah plaza dan pasar-pasar tradisional di Kota Pahlawan tersebut.

“Ayo dulur-dulur, tetap dijaga protokol kesehatannya. Maskernya jangan diplorot, jaraknya dijaga, cuci tangan dengan sabun, karena Covid-19 ini belum selesai. Ayo kita lawan Covid-19 ini bersama-sama,” begitu pesan New Man di tempat-tempat yang dikunjungi melalui pengeras suara yang ditenteng ‘pengawalnya’.

Sosok New Man yang unik itu langsung menyita perhatian para pengunjung mal. Mereka pun tampak memperhatikan sosialisasi yang disampaikan New Man.

Bahkan, ia meminta mereka untuk menutup maskernya ketika sudah selesai makan. “Ayo dipakai lagi maskernya kalau sudah selesai makan, jaga jaraknya juga. Mari kita bersama-sama lawan Covid-19 ini,” ujarnya berulang-ulang.

Uniknya, ketika blusukan ke pasar tradisional, New Man juga menggunakan bahasa daerah sehingga mudah dipahami oleh pedagang maupun mereka yang kebetulan berbelanja.

Saat berada di Pasar Kapasan misalnya, New Man mengingatkan tentang protokol kesehatan ini menggunakan bahasa Madura. Sebab, di pasar tradisional itu mayoritas pedagang maupun pembeli berasal dari Madura.

Minta tolong gih, angguy maskerra, jek bukka. Jek apolkompol, jeghe jarakna, ben abecco ngangguy sabun. Tore padhe ajege ben disiplin, sopaje corona atau Covid-19 paneka bisa cepat elang,” katanya dalam bahasa Madura. dit

#KBS #newman #pasartradisional #pemkotsurabaya #protokolkesehatan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)