Tidak Hanya untuk Kebugaran Tubuh, Floorball Juga Punya Manfaat Positif Ini

372 views
Meski baru pertama kali digelar di mall, Floorball Competition menarik perhatian banyak peserta.

iniSURABAYA.com – Floorball atau bola lantai adalah olahraga tim dalam ruangan yang dikembangkan pada tahun 1970-an di Swedia. Bola lantai ini sangat populer di negara-negara yang telah lama mengembangkan permainan ini.

diantaranya adalah Republik Ceko, Denmark, Estonia, Latvia, Norwegia, dan Swiss. Karena permainan dilakukan dalam ruangan, membuat Floorball bisa dimainkan sepanjang tahun, baik di level amatir maupun profesional.

Di Indonesia, floorball baru masuk sekitar tahun 2009an, dan ditandai dengan dibentuknya Indonesia Floorball Association pada 28 Oktober 2009.  

Guna makin mengakrabkan floorball pada masyarakat inilah Feibriyanti, founder Sport & Language Course (SLC) Surabaya ini menghadirkan Floorball Competition di Lenmarc Mall Surabaya selama dua hari, Sabtu-Minggu (23-24/1/2021).  

“Kami coba memberi wadah bagi anak-anak berprestasi dan yang punya minat olahraga, khususnya cabang floorball,” tegas perempuan yang akrab disapa Fei ini kepada iniSurabaya.com.

Fei mengaku floorball sangat diminati masyarakat Jawa Timur, khususnya Surabaya. terbukti, even yang baru pertama kalinya diselenggarakan di mall itu langsung menyedot perhatian 120 peserta yang tergabung di 24 tim floorball.

Selain Surabaya, peserta Floorball Competition ini juga ada yang dari Bojonegoro dan Gresik. “Sebetulnya peminatnya cukup banyak. Tetapi karena pandemi maka banyak yang tidak bisa hadir,” ungkap Fei yang juga atlet Kick Boxing ini.

Baca Juga : http://inisurabaya.com/2021/01/floorball-competition-pertama-kali-digelar-di-mall-ini-sistem-pertandingan-yang-diberlakukan/

Menurut Fei, manfaat olahraga yang mirip hoki ini cukup bagus untuk melatih syaraf motorik. Selain pastinya untuk kebugaran tubuh, floorball juga punya sisi positif terutama untuk melatih kerjasama tim.  

Target permainan ini adalah memasukkan bola yang ukurannya sebesar bola tenis ke gawang lawan. Untuk itu, setiap pemain dituntut strategi untuk mengendalikan dan mengarahkan bola menggunakan tongkat komposit berujung plastik yang melengkung ke arah gawang di ujung lapangan.

Diakui Fei, floorball termasuk ‘olahraga mahal’. Ini terlihat dari harga peralatan yang digunakan, seperti stick yang kisaran Rp 2-3 juta, dan helm Rp 2-4 juta.

Untuk penyediaan fasilitas ring pass (arena floorball) harganya sekitar Rp 30 juta. belum termasuk gawang yang harganya Rp 10 juta, dan bola Rp 50.000/biji.

Sementara Kukuk F Soeharno, Marcomm Lenmarc Mall Surabaya menyatakan, pihaknya sangat antusias mendukung digelarnya Floorball Competition tersebut.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, lanjut Kukuk, floorball dianggap sebagai olahraga yang memerlukan ketrampilan tinggi dalam mengatur strategi agar bola bisa masuk ke gawang lawan.  

“Untuk itu diperlukan ketelitian dan kecermatan para pemain. Olahraga ini juga bisa mengendalikan emosi, jadi cocok buat anak-anak milenial yang cenderung masih dominan egoisnya,” cetus Kukuk. dit

#bolalantai #floorball #lenmarcmall

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)