Tingkatkan Layanan Kesehatan Bagi Warga Kota Surabaya, Wali Kota Eri Cahyadi Bakal Terapkan Batas Waktu Maksimal Layanan Puskesmas

557 views
Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya

iniSURABAYA.com – Pemerintah Kota Surabaya terus bertekad memberi layanan terbaik pada warganya, khususnya menyangkut layanan kesehatan.

Optimalisasi layanan kesehatan Pemkot Surabaya tak hanya dilakukan dari sisi pembiayaan. Saat ini pemkot sedang menyiapkan SOP batas waktu maksimal pelayanan di puskesmas, mulai dari mendaftar hingga menerima obat.

“Kami ingin memberikan betul jaminan kesehatan kepada masyarakat. Jangan sampai ada (warga) nanti datang berobat 15 menit, menunggunya dua jam. Sehingga nanti pelayanannya bisa lebih cepat,” begitu tegas Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya, Selasa (16/3/2021).

Sementara itu, Deputi Direksi BPJS Wilayah Jawa Timur, I Made Puja Yasa mengapresiasi upaya wali kota bersama jajarannya dalam mengawal proses pendataan kepesertaan jaminan kesehatan di Kota Surabaya.

Apalagi, lanjut I Made Puja Yasa, jaminan kesehatan nasional adalah program yang wajib diikuti sebagai upaya proteksi kesehatan finansial. “Ini menunjukkan bahwa komitmen yang luar biasa terkait kehadiran pemerintah di dalam memastikan jaminan kesehatan di wilayah Kota Surabaya,” ungkapnya.
Dia menambahkan, saat ini jumlah penduduk yang sudah ter-cover dalam program ini secara nasional sebanyak 222 juta jiwa atau sekitar 82 persen dari total penduduk di Indonesia.

Sedangkan di Jatim, jumlah penduduk yang sudah ter-cover sebanyak 30,9 juta jiwa dari 41 juta jiwa total populasi di wilayah itu. Artinya, masih 75 persen dari total penduduk di Jatim yang sudah tercover.

“Sedangkan posisi Surabaya sendiri, saat ini penduduk yang sudah ter-cover dari 2,9 itu ada 2,5 juta. Jadi lebih kurang 84,4 persen. Saat ini saja Kota Surabaya sudah di atas rata-rata nasional,” paparnya.

I Made Puja Yasa menekankan, meski Surabaya menjadi daerah dengan penduduk terbanyak di Jatim, namun jumlah peserta jaminan kesehatan juga paling tinggi. Tentunya untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan komitmen dan kerja keras yang tinggi.

“Jadi ini prestasi yang cukup luar biasa. Terlebih Bapak Wali Kota juga menyampaikan bahwa warga (Surabaya) yang menunggak pembayaran (BPJS), itu juga langsung dimasukkan menjadi peserta yang dibiayai pemerintah daerah. Artinya ini merupakan komitmen yang luar biasa,” katanya. ana

#BPJS #ericahyadi #walikotasurabaya

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)