Wagub Jatim Tertarik Mosipena, Emil Dardak: Masyarakat Bisa Dapat Pendidikan Pengurangan Risiko Bencana di Lokasi

545 views
Emil Elistiano Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur saat meninjau Kantor BPBD Jatim di Waru, Sidoarjo, Senin (1/3/2021).

iniSURABAYA.com | SIDOARJO – Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena) rupanya menarik perhatian Emil Elestianto Dardak, Wakil Gubernur Jatim.

Sehari setelah Mosipena dioperasikan oleh relawan yang tergabung dalam Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim, mobil ini ditinjau Emil Dardak di Kantor BPBD Jatim, di Waru, Sidoarjo, Senin (1/3/2021).

Kunjungan Emil kali ini berisi beberapa agenda. Diantaranya  menerima penyerahan donasi program 50.000 masker dari PT Kosmetika Global Indonesia, mengunjungi unit edukasi kebencanaan Tenda Pendidikan Bencana (Tenpina), dan Mosipena.

Gilang Widya Prama, Direktur PT Juragan 99 Trans yang juga hadir di acara tersebut berharap kontribusi masker yang diberikan PT Kosmetika Global Indonesia ini mampu mendukung percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia, khususnya di Jawa Timur.

Gilang dan Shandy, pasangan sultan milenial yang merupakan ikon Crazy Rich Surabaya datang bersama 12 personel dengan membawa armada bis Voyager, kendaraan yang jadi bagian dari bisnis mereka juga.

Tim Mosipena SRPB Jatim ikut hadir dalam acara ini. Mereka adalah Andreas Eko Muljanto (Leo), Azelin, Wawan Kimiawan, dan Ocha. Tim ini menyiapkan dan mengoperasikan Mosipena dengan cekatan. Mereka juga menjelaskan isi unit mobil ini dengan fasilitas yang dimilikinya.

Sehari sebelumnya, pada Minggu (28/2), Mosipena melakukan perjalanan perdana bersama SRPB Jatim. Unit ini melakukan edukasi di Pondok Pesantren SPMAA di Desa-Kecamatan Turi, Lamongan.

“Saya rasa ini adalah inovasi yang sangat bagus untuk Jatim. Masyarakat bisa mendapatkan pendidikan pengurangan risiko bencana di lokasi melalui Mosipena dengan segala alat yang ada di dalamnya,” ungkap Emil Dardak.

Menurut Emil, isi Tenpina sangat menarik dan bermanfaat. Bahkan ada bukti-bukti fisik benda terdampak longsor dan letusan gunung api. “Ini akan menjadi bahan edukasi yang menarik,” kata mantan Bupati Trenggalek ini.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim Gatot Subroto bersama jajarannya menerima kedatangan para tamu ini dengan sambutan luar biasa. Dalam kunjungan selama sekitar dua jam tersebut, Emil Dardak merasa terkesan dengan Mosipena dan Tenpina, yang merupakan sarana edukasi yang bagus dan bermanfaat bagi masyarakat.

Mosipena dilengkapi videotron, stand banner, PC, sound system, lampu  penerangan, dan safety cone. Juga perpustakaan yang lengkap dengan buku-buku pengetahuan kebencanaan.

Mobil ini bisa dimanfaatkan untuk memberi edukasi kebencanaan kepada masyarakat luas. Mengunjungi titik-titik lokasi sebagai mobil edukasi keliling. ana

#BPBDJatim #emildardak #mobiledukasipenanggulanganbencana #wagubjawatimur

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 700x100)