Kampanye Selamatkan Bumi, Dylla Gandeng Embran Nawawi Rancang Busana dari Sedotan Plastik

301 views
Dylla Rahma Febriani bersama desainer Embran Nawawi memanfaatkan sedotan plastik sebagai bahan desain busana ala Mermaid. Karya dengan konsep ‘Save the Planet from Micro Plastics’ ini selanjutnya diperagakan pada 22 April mendatang untuk memperingati Hari Bumi.

iniSURABAYA.com – Limbah sedotan plastik dikenal sebagai sampah yang paling susah didaur ulang. Padahal limbah plastik, khususnya sedotan ini paling banyak ditemukan di tumpukan sampah.

“Setelah saya pelajari, efek mikroplastik ini jika dibiarkan ternyata tidak baik untuk kelangsungan hidup kita,” tegas Dylla Rahma Febriani.

Menyadari pengaruh buruk sedotan plastik ini pula yang kemudian menginspirasi penyandang gelar Indonesian Girl Junior 2020 ini merangkainya jadi sebuah busana ala mermaid.

Menurut Dylla, pembuatan busana mermaid dengan bahan limbah sedotan plastik ini hanya sekitar sebulan, mulai dari pematangan ide sampai tuntas pembuatan busana.  

Dalam waktu yang tidak lama itu, gadis yang baru berusia 13 tahun ini harus membagi waktu antara sekolah dan obsesi menuntaskan busana tersebut.

“Susah sih nggak juga. Karena dari SD sudah terbiasa full aktivitas dari sekolah, les, dan masih banyak lagi. Jadi sudah terbiasa. Apalagi, untuk projek kali ini, saya nggak kerja sendirian,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Dylla yang masih duduk di bangku kelas 7 SMP Negeri 26 Surabaya ini memang menggandeng desainer Embran Nawawi.

Lewat busana rancangannya itu, Dylla ingin mengajak teman-temannya dan seluruh remaja untuk berhenti menggunakam sedotan plastik

“Menyelamatkan bumi dari ancaman bahaya memang bisa lewat segala hal. Namun di sini, kami memilih limbah sedotan karena ini yang paling dekat dengan masyarakat, terutama anak muda seusia Dylla,” cetus Embran menambahkan.

Desainer yang dikenal sangat produktif ini mengatakan, fashion menjadi bahasa universal kedua setelah musik. “Seperti musik, fashion juga dapat menjadi perantara dalam menyebarkan pesan kepada masyarakat,” tandasnya.

‘Busana sedotan plastik’ tersebut, lanjut Embran, terdiri dari tiga bagian yang menonjol di antaranya, leher, badan, dan rok

Busana yang terinspirasi dari limbah sedotan plastik warna-warn ini akan Dylla peragakan pada 22 April mendatang yang sekaligus memperingati Hari Bumi.   “Busana kolaborasi ini akan kami tampilkan di Quest Hotel Surabaya sebagai reminder bagi mereka yang masih menggunakan sedotan plastik,” tegasnya. ana

#dyllarahmafebriani #embrannawawi #haribumi #indonesiangirljunior2020 #sedotanplastik

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)