Hilangkan Kesan Chef Sebagai Profesi High Class, ICA BPC Sidoarjo Akan Lakukan Hal Ini ke Pelaku UMKM dan Ibu Rumah Tangga

550 views
Drs Djoko Supriyadi, Kepala Dinas Kepemudaan, Olaraga, dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo yang didaulat melantik pengurus ICA BPC Sidoarjo memukul pantat wajan yang dipegang Chef Andi Abidin, Ketua ICA BPC Sidoarjo.

iniSURABAYA.com | SIDOARJO – Chef tak lagi jadi profesi ‘high class’ dan terkesan elitis. Pasangan chef, Andi Abidin dan Ariyanto Ilham yang terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris ICA DPC Sidoarjo bertekad membuat profesi chef makin ‘merakyat’.

“Kami akan gandeng UMKM dan memberi edukasi pada mereka agar bisa berbisnis kuliner dengan baik berdasar keilmuan yang kami miliki,” tegas Chef Ariyanto Ilham kepada iniSurabaya.com.

Ditemui usai pelantikan pengurus Indonesian Chef Association (ICA) BPC Sidoarjo di Hotel Luminor Sidoarjo, Senin (22/11/2021), Chef Ariyanto menyatakan akan berbagi ilmu sehingga pelaku UMKM kuliner di Sidoarjo bisa lebih maju.  

“Selama ini kan UMKM ini tidak ada pengawasan, tidak ada kontrol soal meracik masakan yang benar. Dalam menjalan usahanya mereka tak ada yang membimbing,” paparnya.

Yang juga jadi kelemahan pelaku UMKM, ditekankan Chef Ariyanto, adalah menentukan harga jual atas menu yang disajikan buat konsumen. “Mereka tidak tahu bagaimana menentukan foof cost. Mereka sering tidak memikirkan bahwa tenaga juga perlu dimasukkan,” cetusnya.

Mantan hotelier yang kini jadi konsultan gizi rumah sakit ini menambahkan, bahan masakan, sekecil apa pun juga harus masuk dalam perhitungan harga jual. “Misal garam sering tidak dihitung. Sebagai chef, kami akan masukkan semua bahan yang jadi bagian sebuah menu,” urainya.

Pendapat senada disampaikan Chef Andi Abidin. “Chef itu tidak hanya mereka yang bekerja di hotel. Ibu rumah tangga pun seorang chef. Karena itu perlu mengetahui cara meracik masakan dengan benar dan betul,” katanya.

Salah satu program ICA BPC Sidoarjo nantinya adalah melakukan edukasi pada masyarakat sehingga bisa meracik bahan sehingga jadi masakan sehat.

Chef Andi mengatakan, bahan makanan ini perlu diracik dengan benar agar kandungan vitamin tidak hilang. Selain itu, juga perlu memperhatikan tampilan masakan agar jadi menarik dengan tetap mempertahankan rasa nikmat.

“Misal cara memotong wortel. Juga berapa lama merebusnya, dengan air seperti apa, semua ada tekniknya,”  beber Chef Andi.  

Begitu pula cara memotong daging. “Daging ini kan punya serat. Dan jika memotong searah serat, maka hasil masakannya bikin empal jadi terasa keras,” imbuhnya.

Pukul Wajan
Ada yang berbeda dan unik di acara pelantikan pengurus Indonesian Chef Association (ICA) BPC Sidoarjo yang dilakukan di Hotel Luminor Sidoarjo, Senin (22/11/2021).  

Drs Djoko Supriyadi, Kepala Dinas Kepemudaan, Olaraga, dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo yang didaulat melantik pengurus ICA BPC Sidoarjo memukul pantat wajan yang dipegang Chef Andi Abidin, Ketua ICA BPC Sidoarjo.

Djoko yang hadir mewakili Bupati Sidoarjo memukul pantat wajan tersebut menggunakan centong sayur (spatula). Saat pelantikan Chef Andi Abidin didampingi pengurus lain yaitu Chef Abdul Kohar (wakil), Chef Ariyanto Ilham (sekretaris), Chef Sunari (bendahara), Chef Hari Purwanto (promosi dan media), dan Chef Eko (humas). ap

#chef #indonesianchefassociation #luminorhotelsidoarjo

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)