Berkunjung ke Surabaya, Dubes Owen Jenkins Sepakat Perkuat Kerjasama Edukasi Kegempaan

219 views
Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya menerima kunjungan Owen Jenkins, Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste.

iniSURABAYA.com – Edukasi terkait kegempaan bakal diterapkan di seluruh sekolah di Kota Surabaya. Kebijakan tersebut menyusul kesepakatan yang dilakukan antara Wali Kota Surabaya dan Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste di Balai Kota Surabaya, Kamis (2/12/2021).

Baik Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya, maupun Owen Jenkins, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, sepakat pertemuan tersebut dalam rangka penguatan program sister city yang sudah berlangsung beberapa tahun terakhir.

Menurut Eri, edukasi kegempaan itu terutama akan diberikan kepada siswa berkebutuhan khusus.

“Kerjasama ini memang dilakukan dalam banyak hal. Nanti kami dan tim dari Inggris akan membahas, apa yang dibutuhkan Pemkot  Surabaya dan begitu pula sebaliknya. Kegiatan-kegiatan itu akan dikolaborasikan dan dituangkan dalam program sister city,” paparnya.

Eri mengaku telah melakukan banyak pembahasan. Selain pendidikan, juga olahraga, hingga penanganan kota. Program sister city bersama Inggris diantaranya kegatan terkait pengembangan kawasan Dolly, penanganan gempa, dan pelatihan sepak bola di Surabaya.

Owen Jenkins, Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste juga sempat bertemu dengan para atlet sepak bola Surabaya yang mendapat pendidikan dari pelatih professional dari Tranmer Rovers.

Terkait sepak bola, lanjut Eri, akan dilanjutkan kegiatan pelatihan di Liverpool. “Ini adalah hasil kerjasama Surabaya dan Inggris,” tegasnya.  

Di tempat yang sama, Owen menyampaikan kegembiraan bisa kembali ke Surabaya. Dia juga menyampaikan terimakasih kepada Eri Cahyadi atas diskusi produktif yang dilakukan dalam hal kerjasama sister city antara Surabaya dan Liverpool.

Owen menyampaikan rasa puasnya melihat hasil kerjasama dalam pendidikan dan olahraga. Apalagi, dia juga sempat meninjau perkembangan sepak bola di Surabaya. “Kemarin saya bermain sepak bola dengan para pemain muda Surabaya. Mereka berlatih bersama para pelatih yang telah mendapatkan kesempatan belajar bersama pelatih professional dari Tranmer Rovers.

“Program tersebut akan berlanjut tahun depan,” tandasnya.

Ditekankan Owen, hubungan personal Surabaya dengan Liverpool adalah sesuatu yang tidak bisa kita gantikan. Karena hal ini sangat kuat dan kami ingin terus mempertahankan dan akan mengembangkan lagi,” cetusnya.

Owen juga berjanji menghubungkan Surabaya dengan tempat-tempat lain di Inggris. Hal itu bisa membantu pembangunan Surabaya dan memberikan manfaat bagi kedua pihak.

“Saya rasa ada banyak pengalaman di luar Liverpool yang bisa berkontribusi terhadap agenda pak Walikota,” urainya.

Owen ingin sekali melihat ada investasi baru dari Inggris ke Surabaya dan ada kolaborasi yang tengah berlangsung dengan PT PAL yang akan membawa keahlian dari Inggris dalam pembangunan area kapal Angkatan Laut di Surabaya.

“Ini adalah sebuah kemitraan yang hebat sekali karena ada transfer teknologi dan keahlian ke Indonesia. Jadi bukan hanya membangun kapal laut, tetapi juga tentang memperkuat keahlian dan tingkat teknologi Surabaya dan membuat Surabaya menjadi tempat yang lebih kreatif dan produktif. Itu adalah salah satu contoh baik dalam hubungan kerjasama kami dan menantikan ada kerjasama yang lebih lagi di masa depan,” ujarnya. ana

#dubesinggris #kotaSurabaya #liverpool #sepakbola #sistercity

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)