Colderra Ungkap Konflik antara Otak dan Jiwa di ‘Jouska’

Personel Colderra (foto: IST)

iniSURABAYA.com – Setelah melepas single pertama (‘Cracked’) di bulan Juni 2021, dan single ke-2 (‘Holy Fire’) pada Oktober 2021, Colderra kini merilis single ke-3 berjudul ‘Jouska’.

‘Cracked’ berhasil menembus beberapa chart stasiun radio metal di beberapa negara seperti Malaysia, Polandia, Jerman, Belanda, Swiss, Malta, Meksiko, Kanada, dan USA.

Bacaan Lainnya

Sedang ulasan single ‘Holy Fire’ juga sampai ke beberapa media mancanegara, diantaranya Jerman, Kanada, Brasil, Italia, Inggris, Austria, Jepang, dan Spanyol.

Single ‘Jouska’ sejatinya akan dirilis Januari tahun ini, namun molor sampai di bulan April. Menurut mereka hal itu karena di saat kondisi pandemi mulai berangsur membaik, kondisi sebaliknya justru menimpa setiap personel Colderra.

Ketiganya harus menghadapi lika-liku kehidupan masing-masing yang mendadak dihantam dengan keras dari berbagai sisi.

Single ke-3 unit power metal asal Malang ini bercerita tentang situasi dan kondisi saat seseorang berbicara dengan dirinya sendiri. Suatu hal yang – secara sadar ataupun tidak—dialami hampir setiap orang.   

Jika dibandingkan dua single sebelumnya, ‘Jouska’ menjadi yang paling bernuansa gelap secara aransemen. “Jadi semakin ‘dark’ lagi setelah lirik yang dibikin Iwan dieksekusikan ke lagunya,” ungkap Iboer, sang gitaris yang meng’compose secara keseluruhan lagu ini.

Dia juga menyampaikan beberapa part di single ini terinspirasi oleh gaya permainan Michael Romeo, gitaris band progressive metal asal Amerika, Symphony X.

Di sektor lirik, Iwan menjabarkan,“Saya sebenarnya tidak punya konsep lirik untuk lagu ini saat Iboer nunjukin aransemen awalnya. Tetapi kok ya pas banget saat proses penggarapannya mendadak kami semua tertimpa musibah di banyak hal.”

“Dalam kondisi itu saya menjadi kalut dan dalam hati jadi nggak tenang, akhirnya otak sama jiwa jadi nggak sinkron. Seakan-akan saya menjadi banyak pribadi yang saling bertentangan, tentunya hal itu terjadi hanya dalam diri saya sendiri tanpa ada orang lain yang tahu,” imbuhnya.  

Colderra yang masih diperkuat oleh Iwan Ruby Sasmita (vokal), Robby Achmad a.k.a Iboer (gitar), Yasa Wijaya (drum dan program) menyampaikan setelah ‘Jouska’ akan ada satu single lagi yang akan dirilis.

Sebelum album penuhnya dilepas, terlebih dahulu akan dirilis EP/mini album yang berisikan single-single sebelumnya dan juga ketambahan satu lagu ‘cover’ serta bonus track yang masih dirahasiakan lagu siapa yang akan dicover dan lagu bertema apa bonus tracknya.

Single ‘Jouska’ bisa disaksikan video liriknya di kanal YouTube Colderra. wid

Jouska (Lirik)

Breathing And Running To Leave All Behind
Keep Away Everything From My Eyes
Hiding And Seeking To Chase All Unkind
Keep Everything Away From My Minds

Louder.. Tell Me More Louder
Power.. From The Skies
Closer.. Tell Me More Closer
Prayer.. Is Just The Lies

Dancing And Crying To Crush Or Remind
Stay Away Everything From My Heart
Feeling And Thinking To Push Or Rewind
Stay Everything Away From My Live

Louder.. Tell Me More Louder
Power.. From The Skies
Closer.. Tell Me More Closer
Prayer.. Is Just The Lies

Haunting, In The Midnight From The Mirror
Jouska
Glancing And Said This Is A Life,
Will Filled With Laughter And Prepared To Cry
Bleeding, In The Daylight From The Rumor

Jouska
Blooming And Shout This Is A Vice,
We Must Facing It And Prepared To Die

Pos terkait