Mahasiswa ITS Konversi Getaran Kendaraan Jadi Energi Listrik, dan Inilah Hasilnya

114 views
Tim Mahatma Gandhi, beranggotakan Djody Rizqy Rahman, Tiffany Rachmania Darmawan, serta Muhamad Kholiq Iqbal.

iniSURABAYA.com – Pasokan sumber daya alam tak terbarukan untuk pembangkit listrik di Indonesia terus berkurang. Polusi yang dihasilkan dari prosesnya juga memperburuk kondisi lingkungan.

Fakta itulah yang jadi inspirasi tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengembangkan inovasi pembangkit listrik dari getaran kendaraan yang melintasi pita penggaduh.

Tim pengembang inovasi ini adalah Tim Mahatma Gandhi, beranggotakan Djody Rizqy Rahman dan Tiffany Rachmania Darmawan dari Departemen Teknik Instrumentasi serta Muhamad Kholiq Iqbal dari Departemen Teknik Elektro Otomasi.

Kreasi yang mereka sodorkan adalah Road Speed Bump’s Vibration Power Plan (RSV-P), getaran mekanik hasil kontak antara pita penggaduh dengan roda kendaraan yang melintas bisa dikonversi menjadi energi listrik.

Djody Rizqy Rahman, Ketua Tim Mahatma Gandhi menyatakan bahwa ide konversi ini pernah diteliti sebelumnya. Jika penelitian terdahulu menggunakan polisi tidur, inovasi yang dikembangkan kali ini memanfaatkan pita penggaduh yang biasanya ada di jalanan padat kendaraan.

Prototipe dari Road Speed Bump’s Vibration Power Plan (RSV-P), rancangan tim mahasiswa ITS sebagai alternatif penghasil listrik.

#ITS #sumberdayaalam #timmahatmagandhi

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)