Thailand Jadi Destinasi Pilihan #1 Wisatawan Seluruh Dunia Sejak Negara ini Membuka Diri

230 views
Thailand jadi destinasi favorit setelah negara ini mulai membuka diri pasca-pandemi.

iniSURABAYA.com – Thailand ternyata mendominasi peringkat global sebagai destinasi wisata nomor satu yang paling banyak dicari pengguna dalam enam bulan mendatang.

Berdasar data penelusuran informasi (search data) Agoda, sejak tahun lalu, kunjungan wisatawan asing di Thailand terus meningkat. Data penelusuran informasi Agoda bahkan melonjak 500 persen dari Triwulan I-2022 hingga saat ini.

Wisatawan asing asal Jepang (#1), Amerika Serikat (#2), dan Singapura (#3) paling ingin berkunjung kembali ke Thailand setelah pemerintah lokal berupaya memulihkan sektor pariwisata internasional.

Upaya pemerintah ini ditempuh lewat sejumlah inisiatif seperti program Thailand Pass dan Sandbox. Wisatawan asing di sejumlah pasar di Eropa menyusul ketiga negara tersebut, seperti Inggris (#4), Perancis (#5), dan Swiss (#6).

Sementara, kota-kota asal wisatawan asing lainnya di Korea Selatan (#7), Maladewa (#8), Filipina (#9), dan Indonesia (#10) berada dalam peringkat 10 besar.

Demi mendukung prediksi arus wisatawan ini, Agoda berkolaborasi dengan Finema, perusahaan teknologi yang mengembangkan program Thailand Pass mewakili Departemen Urusan Konsuler yang ada di bawah naungan Kementerian Luar Negeri Thailand.

Program ini juga melibatkan Departemen Pengendalian Penyakit (dalam naungan Kementerian Kesehatan Publik), Tourism Authority of Thailand (TAT), dan Digital Government Development Agency (DGA).

Kolaborasi ini ingin mengotomatisasi unggahan data reservasi dan mempercepat proses aplikasi Thailand Pass, serta mengurangi kekeliruan atau penundaan perjalanan.

Menurut Damien Pfirsch, Chief Commercial Officer, Agoda, pemerintah bekerja keras mempermudah reservasi bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Thailand melalui Test & Go, Sandbox serta Thailand Pass.

Namun, diakui, wisatawan asing kerap kesulitan dan menghabiskan banyak waktu untuk memantau persyaratan kunjungan dan proses yang harus ditempuh. Maka, Agoda mengintegrasikan data reservasi pada platform Thailand Pass.

“Berkat integrasi ini, wisatawan mengunggah rincian reservasi secara otomatis sehingga tingkat kekeliruan pun berkurang,” ujarnya.

Agoda ditawarkan sebagai opsi check box pada laman aplikasi Thailand Pass. Setelah pengguna memasukkan ID reservasi, sistem segera menarik semua data penting dan mengisi formulir aplikasi secara otomatis.

Pengguna akan menerima validasi reservasi secara langsung, dan memperoleh instruksi jelas tentang langkah selanjutnya—mempercepat proses reviu.

“Agoda ingin mempermudah pengalaman liburan dengan sebaik-baiknya. Kami memahami, dunia pariwisata masa kini menghadapi sejumlah tantangan. Untuk itu, kami ingin mempermudahnya dengan keahlian teknologi Agoda. Lewat kolaborasi ini, dan banyak kolaborasi lain yang tengah digagas di Asia, kami memperlancar proses prakeberangkatan,” tutur Pfirsch.

Wisatawan dari seluruh penjuru dunia semakin ingin berlibur di destinasi pantai favorit seperti Phuket, Koh Samui, Pattaya, dan Krabi. Juga mengeksplorasi kawasan bukit di sebelah utara, dan mendaki gunung indah di Chiang Mai, Chiang Rai, serta Pai.

“Atau, menikmati kuliner jalanan yang lezat dan pengalaman berbelanja yang ditawarkan ibu kota Thailand, Bangkok,” paparnya. wid

#agoda #bangkok #thailand #wisata

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)