10 Perupa dari 3 Kota ‘Tandur’ di Galeri Prabangkara

iniSURABAYA.com – Apa hubungannya tandur dengan melukis? Bagi seniman, khususnya pelukis, proses menggambar ini ternyata banyak kemiripan dengan aktivitas menanam (tandur).

Maka ‘Tandur’ ini kemudian dipakai sebagai tajuk dalam gelaran pameran di Galeri Prabangkara Surabaya. Ada sebanyak 30 karya lukis dari 10 perupa bakal dipajang selama sepekan mulai Senin (11/7/2022) hingga 18 Juli mendatang.

Bacaan Lainnya

Para pelukis yang gabung di pameran kali ini berasal dari Lamongan, Sidoarjo, dan Surabaya. “Karena dalam proses menciptakan sebuah lukisan pun ada tahapan-tahapan yang bisa dianggap mirip seperti halnya menandur atau menanam,” ujar Budi Bi, Ketua Pameran ‘Tandur’ kepada iniSurabaya.com.

Pelukis berambut panjang ini menambahkan, ketika seorang perupa menggali ide dan konsep sebelum melukis, aktivitas itu bisa diibaratkan seperti sedang menentukan bibit dan tunas ke dalam kanvas.

“Saat kita mulai menggoreskan cat, memvisualkan ide dengan berbagai metode serta tehnik terbaik, maka proses itu menyerupai tatkala merawat, merabuk tanaman kita agar menjadi produk yang luhur,” paparnya.

Selama proses tandur ini, lanjut Budi Bi, setiap perupa laksana memilih ide dan menggarapnya sampai akhirnya menghasilkan karya seni rupa yang siap untuk dipanen.

“Semoga yang kita tandur di pameran ini memberikan hasil apik serta bermanfaat bagi kreatornya dan juga semua peminatnya. Kami berharap ‘Tandur’, bisa menghasilkan panen yang memperkaya dan membanggakan khasanah seni rupa Jawa Timur,” pungkasnya. ana

Pos terkait