Juara Umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) 3 Tahun Berturut-turut, Gubernur Khofifah Puji Semangat Kompetitif-Sportif Siswa Jawa Timur

iniSURABAYA.com – Catatan membanggakan kembali ditorehkan para peserta didik Jawa Timur. Melalui Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2022 mereka sukses membawa Jawa Timur kembali meraih juara umum pada kompetisi bergengsi tingkat nasional yang diumumkan Jumat (7/10/2022) sore secara daring.

Pada kompetisi yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) ini, Jatim sukses memborong 75 medali, dengan rincian 15 medali emas, 28 medali perak dan 32 medali perunggu. Hasil tersebut menempatkan Jawa Timur sebagai juara bertahan selama tiga tahun berturut-turut.

Bacaan Lainnya

Pada posisi kedua OSN adalah Provinsi Banten dengan 34 medali. Rinciannya 13 medali emas, 10 medali perak dan 11 medali perunggu. Diperingkat ketiga adalah Jawa Barat dengan 50 medali dengan 12 medali emas, 16 medali perak dan 22 medali perunggu.

Posisi keempat DKI Jakarta dengan 60 medali yang terdiri dari 10 medali emas, 21 medali perak dan 29 medali perunggu. Terakhir Sumatera Utara dengan 19 medali yang terdiri dari enam medali emas, enam medali perak, dan tujuh medali perunggu.

Capaian inipun diapresiasi Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur yang menyatakan bahwa hasil tersebut merupakan kerja keras semua pihak. Khofifah juga memuji antusiasme para peserta didik dalam memiliki jiwa sportif-kompetitif untuk pengembangan kemampuannya dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi guna mengukir prestasi.

“Alhamdulillah, para anak didik kita kembali mengukir prestasi yang membanggakan di tingkat nasional. Jawa Timur kembali menjadi juara umum berkat semangat para siswa, para tenaga pendidik, dukungan orang tua dan Dinas Pendidikan Jawa Timur,” ujarnya, Sabtu (8/10/2022).

Pos terkait