Teguhkan Komitmen Lanjutkan Produksi Bus Listrik Merah Putih, ITS-INKA Siap Produksi 5 Bus Lagi

Prof Ir Nizam (tengah berkemeja kotak-kotak) bersama jajaran pimpinan ITS, PT INKA, dan tim peneliti Bus Listrik Merah Putih di Gedung Rektorat ITS.

iniSURABAYA.com – ITS dan PT Industri Kereta Api (INKA) kembali kolaborasi  untuk melanjutkan produksi Bus Listrik Merah Putih (BLiMP).

Kerjasama tersebut, wujud komitmen ITS akan pentingnya ekosistem kendaraan listrik nasional melalui kolaborasi riset BLiMP untuk kendaraan operasional saat Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20) di Bali.  

Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD, Wakil Rektor IV ITS menyampaikan bahwa empat unit BLiMP telah dikerahkan pada KTT G20 lalu. Selanjutnya, tim peneliti BLiMP bersama PT INKA akan melanjutkan produksi lima unit bus dalam waktu sebulan ke depan.

Saat ini kelima bus tersebut mencapai tahap finishing, sehingga hanya menunggu waktu yang tepat untuk meluncurkannya. “Kelima bus tersebut siap untuk dimanfaatkan masyarakat,” tegas Bambang usai acara penandatanganan PKS yang dilakukan di Gedung Rektorat ITS pada Sabtu (19/11/2022).

Dalam kolaborasi riset proyek bus listrik ini, ITS selaku ketua tim bekerja sama dengan perguruan tinggi lainnya. Antara lain Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), dan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

“Kerja sama antarperguruan tinggi tersebut telah berjalan selama 10 bulan,” tutur Bambang.

Pos terkait