Tayangan Favorit Hilang dari Layar TV sebagai Dampak ASO, Mau Pilih TV Digital atau Smart TV? Ini Bedanya

iniSURABAYA.com – Sejak akhir tahun lalu, sejumlah daerah di Indonesia sudah tidak bisa menyaksikan siaran TV analog (analog switch off). Untuk menikmati siaran digital, masyarakat harus menggunakan perangkat Set Top Box (STB).

Selain itu, masyarakat juga bisa mengganti pesawat televisi dengan perangkat yang mendukung seperti TV digital. Tetapi, jangan sampai sampai salah dengan Smart TV. Sebab keduanya memiliki perbedaan.

Bacaan Lainnya

Mengutip Tech Penny, Smart TV memiliki kemampuan internet. Dengan perangkat ini, penonton dapat menyaksikan konten dari aplikasi atau situs seperti Netflix dan Youtube.

TV digital adalah standar TV biasa. Untuk terhubung dengan internet, TV digital yang bukan Smart TV harus terhubung dengan bantuan perangkat pihak ketiga. Konten yang ada di dalam TV digital didapatkan melalui antena.

Penonton juga tidak bisa mengontrol banyak hal di dalamnya, kecuali dengan mengganti saluran dan menunggu program favorit.

Smart TV juga bisa menggunakan antena HD atau terhubung ke internet untuk mendapatkan konten yang akan ditonton. Berbeda dengan TV digital, penonton smart TV dapat mencari konten yang ingin ditonton dan bisa memilih program yang diinginkan. dbs/*

Berikut langkah mengecek TV digital:
1. Klik menu perangkat TV digital di bagian atas layar. Akan ada tiga pilihan kategori yakni nama perangkat, merek, dan model/tipe.
2. Pilih kategori televisi pada bagian perangkat dan masukkan merek dan model TV yang yang dimiliki.
3. Nama model TV akan tersedia jika masuk dalam TV digital.

Pos terkait