Tegaskan Pentingnya Kolaborasi dan Sinergi untuk Raih Sukses Bisnis, Arumi Bachsin Tawarkan Hal Ini ke Wosca

Arumi Bachsin, Ketua Dekranasda Jatim didampingi Lilies Rolina, Presiden Wosca.

iniSURABAYA.com – Arumi Bachsin Emil Dardak, Ketua Dekranasda Jawa Timur menekankan pentingnya kolaborasi di tengah ketatnya persaingan industri saat ini. Arumi justru menganggap sinergitas menjadi kunci kesuksesan bisnis di masa kini.

“Saat ini terbukti bahwa tipe bisnis yang penuh kolaborasi adalah bisnis yang paling maju. Jadi harus gandeng UMKM lainnya, perempuan lainnya,” ungkap istri Wakil Gubernur Jatim ini saat hadir di acara Woman Online Community Indonesia (Wosca) Graduation Pendampingan Bisnis Online (PBO) batch ketiga yang digelar di Atrium Grand City Mall Surabaya, Sabtu (21/1/2023).

Bacaan Lainnya

Arumi berharap kolaborasi antara Wosca dan Dekranasda Jatim bisa dilakukan lebih signifikan di masa mendatang. Dalam kesempatan tersebut, Arumi juga menyampaikan terima kasih sekaligus dukungan penuh atas upaya pemberdayaan UMKM, utamanya bagi perempuan di wilayah Jatim.

Bahkan, secara khusus, dirinya membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pelaku bisnis yang tergabung dalam WOSCA untuk memanfaatkan fasilitas UMKM yang disediakan Dekranasda Jatim.

“Saya dan Dekranasda sebetulnya punya satu space yang memang diperuntukkan untuk kegiatan UMKM atau Showcasing di Surabaya. Monggo kalau mau dipakai untuk showcasing atau pelatihan. Silakan dipakai,” tutur Arumi.

Sebagai sesama perempuan, Arumi juga menyampaikan apresiasi khusus atas peran ganda yang dijalankan anggota Wosca. Tidak hanya sebagai seorang ibu dan istri di rumah, namun tetap mau memanfaatkan kesempatan dan peluang untuk membentuk diri yang lebih baik.

“Kalau kita punya bisnis, apalagi perempuan, bisnis itu sudah seperti anak sendiri. Kemauan untuk belajar menerima saran dan kritik dari luar, meluangkan waktu dan tenaga untuk belajar melalui Wosca ini menurut saya sangatlah luar biasa,” katanya.

“Saya nantikan kolaborasi-kolaborasi dan lulusan-lulusan lainnya. Melalui kesempatan semacam ini, semoga kita bisa mendorong UMKM Surabaya dan Jatim untuk semakin mendunia,” imbuhnya.

Sementara itu, Lilies Rolina, Presiden Wosca juga menyampaikan terima kasih atas kerja keras dan kesungguhan dari peserta maupun panitia. Dirinya berharap bisa memberi efek positif bagi pelaku bisnis perempuan Jatim di masa depan.

“Terima kasih untuk para peserta yang bersedia mendengar kritik dan masukan demi kemajuan bisnis secara nyata,” kata Lilies Rolina.

Sebagai informasi, Wosca merupakan komunitas pengusaha perempuan yang mengadakan Kelas Pendampingan Bisnis Online. Kali ini merupakan seri ketiga atau PBO3 yang dimulai pada 3 November 2022 sampai 17 Desember 2022.

Dalam materinya, kelas PBO3 ini berisi materi tentang bisnis fundamental, kelas desain dan fotografi, hybrid marketing, personal branding, personality plus, dan belajar membuat laporan keuangan bisnis. yul

Pos terkait