Sempat Diragukan Bisa Menarik Perhatian Pemirsa, Serial Religi Ramadan ‘Para Pencari Tuhan’ Raih Penghargaan Rekor MURI

Deddy Mizwar, produser dan juga sutradara serial religi ‘Para Pencari Tuhan’ mendapat anugerah MURI.

iniSURABAYA.com – ‘Para Pencari Tuhan’, serial religi Ramadan unggulan SCTV berhasil meraih penghargaan dari MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) sebagai Serial Religi Ramadan Berkelanjutan Terlama.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Triyono, Senior Manager MURI kepada David Suwarto, Direktur SCM dan H Deddy Mizwar, Produser Para Pencari Tuhan di SCTV Tower, Selasa (7/2/2023).

Sejak pertama tayang di tahun 2007, ‘Para Pencari Tuhan’ (PPT) hadir memberi warna baru bagi serial religi Ramadan di layar kaca. Meski diakui, kehadiran PPT sempat diragukan bisa menarik perhatian pemirsa televisi di tengah program-program talkshow yang bertaburan di sejumlah stasiun TV selama bulan Ramadan.

“Ini kayak uji coba. Karena siapa yang mau nonton sinetron tengah malam? Saya yakin, kalau kontennya menarik, orang akan menonton. Apalagi di bulan Ramadan,” ungkap Deddy Mizwar.

Dan keyakinan mantan Wakil Gubernur Jawa Barat ini ternyata benar. Bahkan tak hanya tayang sekali, tetapi dua kali dalam sehari. “Inilah pertama kalinya di Indonesia, satu program dua kali dalam sehari, pagi (Subuh) dan sore,” paparnya.

Capaian tersebut, kata Deddy, makin menambah semangat seluruh kru yang terlibat dalam proses produksi untuk terus menggali kreativitas lebih optimal lagi. Pria berdarah Belanda, Betawi, dan Bugis ini berupaya menyajikan karya kreatif yang menginspirasi. Insya Allah bisa memacu untuk berkarya terus,” tandasnya.

Banardi Rachmad, Deputy Director Programming SCTV pun mengakui bahwa PPT memang layak mendapat apresiasi. “Apresiasi pemirsa, ditunjukkan dengan rating yang didapatkan setiap penayangannya cukup stabil sebagai tontonan edukatif,” tuturnya.

Selain itu, Banardi lalu menunjuk apresiasi juga datang dari sponsor sehingga program serial religi it uterus berkelanjutan. “Apresiasi dari lembaga-lembaga. Sampai KPI bingung karena hampir tiap tahun mendapatkan penghargaan,” imbuhnya.

Banardi berharap serial religi Para Pencari Tuhan bisa menjadi tontonan yang menghibur sekaligus memberikan nilai-nilai positif bagi para pemirsa setia SCTV.

Berangkat dari kisah Bang Jack (Deddy Mizwar) seorang penjaga masjid yang membimbing tiga mantan narapidana (Melky Bajaj, Aden Bajaj, Isa Bajaj) ke jalan yang benar pada jilid pertama, yang mendapat sambutan sangat baik dari para pemirsa hingga terus berlanjut ke jilid-jilid berikutnya.

Tak hanya jalan cerita yang terus berkembang, sejumlah nama aktor dan aktris ternama Tanah Air turut membintangi serial PPT ini. Diantaranya Tora Sudiro yang berperan sebagai Baha sang pelaut yang memiliki gaya hidup berantakan pada PPT Jilid 2.

Begitu juga dengan Henidar Amroe (Widya), Teddy Syah (Azmi), Slamet Raharjo (Wijoyo), Jaja Mihardja (Haji Jaja), Inneke Koesherawati (Dewi), Dimas Anggara (Fadhli), Dina Lorenza (Nurlaela), Jarwo Kwat (pak Jalal), Udin Nganga (bang Udin), Asrul Dahlan (Asrul).

Tak sedikit juga beberapa aktor dan aktris yang makin melambung namanya usai membintangi serial PPT di antaranya,  Zaskia Adya Mecca (Aya), Andi Annisa (Anna), Betari Ayu (Zahro), Syakir Daulay (Ustad David), serta Lavicky Nicholas (Habib).

Kisah Bang Jack juga terus bergulir dan mengalami pengembangan karakter hingga jilid ke-15 ‘Ke Surga Yuk’, yang lagi-lagi dilakoni oleh sejumlah bintang ternama negeri ini, yakni Tio Pakusadewo (Galaxy), Cok Simbara (Netral), Yurike Prastika (Mak Dharti), Ira Wibowo (Karmila), Dinda Kirana (Matahari), serta Maudy Koesnaedi (Nurjannah).

Selalu dikemas dengan balutan komedi dan alur cerita yang terus berkembang, serta tetap mempertahankan kedekatan ceritanya dengan kehidupan asli yang terjadi di masyarakat, menjadikan PPT sukses sebagai serial religi yang konsisten difavoritkan oleh pemirsa setia SCTV pada setiap bulan Ramadan. ana

Pos terkait