Berkunjung ke Klenteng Ong Hu Tong, Pengurus DPD PSI Kota Surabaya Diajari Pengobatan Alternatif

Pengurus DPD PSI Kota Surabaya saat berkunjung ke Klenteng Ong Hu Tong.

iniSURABAYA.com – Dalam upaya menjaga keberagaman dan toleransi antar umat beragama, pengurus DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Surabaya menggelar acara silaturahmi ke Klenteng Ong Hu Tong di Jalan Wonorejo Surabaya.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Erick Komala, Ketua DPD PSI Kota Surabaya ini disambut hangat oleh para pengurus klenteng. Di kesempatan itu, banyak hal yang dibahas. Dan salah satunya yang menarik adalah tentang pengobatan alternatif.

Yang menarik adalah ketika Erick dan jajaran pengurus DPD PSI Kota Surabaya langsung diberi beberapa contoh pijatan saraf di titik-titik yang terdapat keluhan. “Kunjungan kami ke klenteng di wilayah Wonorejo-Tegalsari ini untuk mendengarkan aspirasi dari pengurus klenteng sembari bersilahturahmi. Kegiatan ini sudah sering kami lakukan yakni mengunjungi rumah ibadah dari berbagai agama,” ungkap Erick.

Klenteng ini unik. Karena meski tempatnya kecil, klenteng ini punya banyak agenda, mulai dari kegiatan ibadah, terapi, bakti sosial hingga diskusi mengenai pengobatan alternatif, makanan sehat, dan tips menjaga kesehatan tubuh.

Banyak sekali orang yang singgah maupun hanya sekedar nongkrong di klenteng ini. “Ini karena pengurusnya sangat ramah dan mudah sekali berbagi ilmu dan pengetahuan kepada siapapun,” ujar Erick yang juga Caleg Provinsi Jatim Dapil Surabaya ini.

Diakui Erick, pengurus klenteng tidak segan untuk membagi tips bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh, baik melalui pola makan maupun pola hidup.

Klenteng ini juga menarik perhatian lantaran tidak semata sebagai tempat ibadah umat Budha. Bahkan setiap bulan Ramadan, klenteng ini juga mengadakan acara bagi-bagi takjil untuk umat muslim yang berpuasa.

Hal ini merupakan wujud dari toleransi antar umat beragama di Indonesia sekaligus bentuk kepedulian terhadap sesama manusia. “Saya sebagai seorang muslim yang ikut bersinggah di Klenteng Ong Hu Tong ini merasa sangat tersanjung. Pengurus tempat ibadah dari agama lain pun ikut menyambut bulan suci Ramadan dengan mengadakan bagi-bagi takjil untuk kami umat muslim,” imbuhnya.

Dan bahkan, menurut Endy Rizky Putri Supriyono, Wakil Ketua DPD PSI Kota Surabaya Bidang Media dan Komunikasi Publik, ternyata mereka juga memiliki agenda mingguan di luar bulan Ramadan, yakni menjual makanan hanya seharga Rp 2.000 dengan tema ‘Jumat Berkah’ di setiap hari Jumat.

“Jumat Berkah in ikan juga membudaya di kalangan umat muslim untuk bersedekah dalam bentuk makanan di hari yang penuh berkah yaitu hari Jumat,” katanya. wid

Pos terkait