Sudah Siap Mudik Lebaran? Perhatikan Hal Penting Berikut Sebelum Tinggalkan Rumah

Dedik Irianto, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Surabaya.

iniSURABAYA.com – Masyarakat diimbau waspada sebelum mudik Lebaran ke kampung halaman. Sebelum meninggalkan rumah, sebaiknya mengecek terlebih dahulu instalasi listrik dan peralatan rumah tangga lainnya yang dapat menyebabkan kebakaran.

“Yang perlu dicermati saat mudik, sebaiknya kalau bisa gunakan lampu utama saja yang dinyalakan. Jangan hanya dimatikan, tapi kalau bisa dicabut kabelnya,” kata Dedik Irianto, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya.

Bacaan Lainnya

Dedik menyarankan, sebaiknya kabel atau peralatan elektronik seperti kipas, kabel rol, dan sebagainya dilepas agar tidak terjadi korsleting listrik. “Kalau ditinggal lama sebaiknya dilepas saja, jangan hanya di-off-kan!” pesan Dedik.

Dedik juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak lupa melepas regulator tabung LPG sebelum pergi mudik atau liburan pada IdulFitri mendatang. Bukan hanya instalasi listrik di rumah yang perlu diwaspadai, Dedik mengingatkan, sebelum mudik sebaiknya warga mengecek kondisi kendaraannya sebelum digunakan bepergian jauh.

Selain cek kondisi unit kendaraannya, Dedik mengimbau, untuk dilengkapi Alat Pemadam Api Ringan (Apar) bagi yang menggunakan roda empat. “Ketersediaan Apar di dalam mobil itu kesadaran masing-masing pemiliknya. Kalau sadar akan keselamatan, pasti pemilik mobil menyediakan itu,” tuturnya.

Dedik mengingatkan pula agar warga Surabaya meninggalkan pesan pada tetangga yang tidak mudik. “Jangan sampai lupa berkoordinasi dengan tetangganya yang tidak mudik untuk saling menjaga dan waspada bahaya kebakaran,” pungkasnya. wid

Pos terkait