Negara Berpenduduk Islam Terbesar, Indonesia Justru No 4 Penghasil Produk Halal! Simak Fakta Berikut Ini

Dr Aria Wahyudi SE MM, Komisaris PT Kibar Produk Nusantara.

iniSURABAYA.com – Halal tidak selalu merepresentasi tentang agama, di luar negeri halal justru identik dengan pola hidup, terutama yang menyangkut kesehatan. Karena itu mereka yang mencari makanan yang pasti sehat adalah yang halal.

“Halal memang sudah menjadi gaya hidup di beberapa negara barat. Terbukti di sana ada kegiatan Halal Fair. Sedang di Jepang dan Korea ada Halal Expo,” ungkap Dr Aria Wahyudi SE MM, konsultan bisnis halal dalam acara jumpa pers di Surabaya Suites Hotel, Jumat (29/3/2024).

Bacaan Lainnya

Aria menambahkan, sebagai negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia, Indonesia tercatat pengonsumsi produk halal terbesar. Ironisnya, Indonesia justru berada di nomor empat untuk katagori penghasil produk halal.

Komisaris PT Kibar Produk Nusantara ini lalu memberi contoh terkait negara pengekspor daging halal terbesar di dunia yang ditempati Australia. “Harusnya Indonesia ada di posisi (utama) ini,” begitu tegasnya.

Lebih lanjut, Aria mengingatkan bahwa produk halal tak semata berkaitan dengan makanan. Tetapi juga produk fashion, kosmetik, serta logistik dan tranportasi. “Masih banyak produk fashion Indonesia belum tersertifikasi halal!” cetusnya.

Pos terkait