#TERNYATAINIRAHASIANYA: Bikin Ketupat yang Enak dan Bisa Tahan Lama

Chef Danang Lukito

iniSURABAYA.com – Momen Lebaran waktunya bikin ketupat. Ternyata bikin lontong dalam bentuk persegi empat dalam bungkus janur atau daun kelapa yang masih muda ini perlu teknik khusus agar terasa nikmat dan bisa tahan lama.

Proses pembuatan ketupat ini dimulai dari pemilihan janur yang tidak bisa sembarangan. “Jangan pakai janur yang sudah kering dan warnanya kecokelatan. Sebaliknya juga hindari pakai daun yang masih terlalu muda, warnanya hijau. Pilih janur warna kuning cerah,” papar Danang Lukito, Executive Chef Surabaya Suites Hotel kepada iniSurabaya.com.

Bacaan Lainnya

Chef Danang menegaskan pemilihan janur yang tepat sangat berpengaruh pada rasa ketupat nantinya. “Janur yang bagus juga memberi aroma wangi pada ketupat,” imbuhnya.
Tips bikin ketupat yang enak dan nikmat ala Chef Danang

Proses selanjutnya yang juga perlu perhatian khusus adalah waktu pengisian beras ke dalam selongsong ketupat. “Sebelum isi ketupat, tentu pilih dulu beras yang bagus. Kemudian dicuci bersih dan direndam selama lima jam,” tutur chef asal Yogyakarta ini.

Menurut Chef Danang, beras yang basahnya merata ini akan mendukung proses pembuatan ketupat yang cepat dan nikmat. “Saat ini ke selongsong ketupat jangan terlalu penuh. Cukup separo lebih sedikit. Paling banyak lebihnya 1 cm,” tandasnya.

Pos terkait