Dibangun Bertahap Tahun 2025-2026, Pemkot Surabaya Siapkan RSUD di Surabaya Utara dan Selatan

Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya

iniSURABAYA.com – Setelah rumah sakit di kawasan Surabaya Timur, Pemkot Surabaya akan menambah dua fasilitas rumah sakit lagi, yaitu di Surabaya Utara dan Surabaya Selatan.

Keberadaan rumah sakit umum daerah (RSUD) baru tersebut diharap makin memudahkan warga Kota Pahlawan ini mengakses layanan kesehatan. Menurut Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya, rencana pembangunan RSUD itu sudah masuk dalam Rancangan Pembangunan Jangka Pendek Daerah (RPJMD) Kota Surabaya lima tahunan.

Bacaan Lainnya

Dalam RPJMD tersebut, selama jangka 5 tahun Pemkot Surabaya berencana membangun tiga rumah sakit yang berada di timur, selatan dan utara. “Alhamdulilah dalam tiga tahun saja sudah membangun satu rumah sakit di Surabaya Timur. Fokus kami ada di RPJMD yang tiap lima tahunan tetapi harus terpotong dua tahun,” ungkap Eri Cahyadi.

Pria yang akrab disapa Cak Eri ini menyatakan,”Seharusnya kalau lima tahun, bisa ada tiga rumah sakit yang terbangun, yaitu RSUD di Surabaya Utara, Surabaya Timur, dan Surabaya Selatan.”

Eri mengaku, RSUD baru di kawasan Surabaya Utara berada di Lapangan Tembak Kedung Cowek, yang sebelumnya menjadi rumah sakit darurat penanganan Covid-19. Berdasarkan hasil saran dan masukan dari berbagai pihak, pemkot memutuskan untuk merubahnya menjadi RSUD.

“Jadi bentuknya sangat bagus untuk membuat rumah sakit. Selain itu, kami akan bekerjasama dengan yang lainnya untuk lapangan tembak,” ungkapnya.

Pengerjaan RSUD baru itu akan dilakukan bertahap. Di tahun 2025, pemkot terlebih dahulu akan membangun RSUD Surabaya Selatan. Selanjutnya, di tahun 2026, pemkot mulai membangun RSUD Surabaya Utara.

“RSUD Surabaya Selatan ada di daerah sekitar Wiyung dan Karangpilang. Sudah ada tiga pilihan tempat yang insyaallah masih kami perhitungkan. Anggaran 2025 sudah dimasukkan, tidak berbeda dengan RSUD Surabaya Timur,” ujarnya

Mantan Kepala Bappeko Surabaya ini menandaskan, pemkot akan melengkapi peralatan kesehatan di masing-masing RSUD, serta layanan kesehatan yang lainnya. Dia mencontohkan bahwa di RSUD Dr Soewandhie Kota Surabaya sudah menjalankan layanan kemoterapi.

“Kami berharap rumah sakit di Surabaya itu lengkap, alatnya ada semuanya. Jadi apa yang tidak ada di Soewandhie akan diadakan di RSUD Surabaya Selatan, nanti yang tidak ada di RSUD Surabaya Selatan akan diadakan di RSUD Surabaya Timur,” pungkasnya. wid

Pos terkait