Sah! 330 Pasangan Ikut Isbat Nikah Massal di Balai Kota Surabaya

Ratusan pasangan warga Kota Surabaya ikut prosesi nikah massal yang digelar Pemkot Surabaya.

iniSURABAYA.com – Ratusan pasangan suami istri warga Kota Surabaya yang belum memiliki surat nikah akhirnya bersyukur, pernikahan mereka kini sah secara hukum negara.

Pengesahan keabsahan pernikahan tersebut ditandai lewat resepsi akbar Isbat Nikah Massal di Balai Kota Surabaya, Selasa (2/7/2024) malam. Yang menarik pernikahan 330 pasangan pengantin itu dilaksanakan dalam konsep Pesta Kebun atau Garden Party.

Bacaan Lainnya

Pasangan pengantin yang terdiri dari berbagai usia dan kalangan itu, sebelumnya sudah mengikuti prosesi sidang isbat nikah di Gedung Siola Lantai 4 Kota Surabaya pada pagi hari. Setelah itu, mereka berganti baju adat dan dirias oleh make up artis (MUA).

Setelah ratusan pasangan pengantin siap, mereka lalu dikirab dari Balai Pemuda menuju panggung utama dengan panjang 30 meter di area balai kota yang didesain menyerupai pelaminan, penuh dekorasi bunga-bunga.

Sesampainya di Balai Kota, para pengantin disambut secara langsung oleh Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya. Eri Cahyadi mengatakan, bahwa Isbat Nikah Massal ini bertujuan menertibkan administrasi pernikahan warga Kota Pahlawan.

“Kami ingin memberi pelajaran bahwa menikah sah secara agama dan negara, maka hak dan kewajiban akan tertata, terutama untuk anaknya. Tapi kalau nikah siri tidak tercatat di negara, kalau terjadi sesuatu yang dirugikan adalah perempuan dan anaknya,” tandas Cak Eri –sapaan akrab Wali Kota Surabaya ini.

Pos terkait