Sugiono Kreasikan Seperempat Kilogram Ampas Kopi Jadi Bahan Lukisan, Ini Hasilnya

1597 views

Meski tampil monokrom, karya lukis Sugiono yang terbuat dari ampas kopi ini tetap menarik untuk disimak.

iniSURABAYA – Kopi belakangan makin naik daun. Biji dari tanaman yang tumbuh di dataran tinggi ini punya beragam manfaat.

Selain sebagai bahan minuman atau makanan seperti yang sudah dikenal selama ini, kopi ternyata juga bisa dipakai untuk bahan melukis.

Sugiono, pelukis asal Kota Batu sudah membuktikan lewat lima karyanya yang dipajang di Marvell City Surabaya selama tiga hari sejak Jumat (21/7).

“Sebulan saya persiapkan lima karya ini,” ujar Sugiono saat ditemui di tengah acara Urban Coffee Week.

Inspirasi untuk karya yang spesial itu pun diakui Sugiono tak jauh-jauh. Perupa yang hanya lulusan SMA ini mengambil kehidupan di sekitarnya sebagai objek lukisannya.

“Yang pria merokok itu tetangga saya, sedang yang perempuan itu pedagang di pasar. Kebetulan rumah saya memang dekat pasar,” bebernya memberi contoh.

Menurut Sugiono, ini pertama kalinya dia melukis memakai kopi sebagai medianya. Tak heran bila kelima lukisan di atas bidang kanvas ukuran 75×90 cm yang dipamerkan di acara tersebut terkesan monokrom.

“Karena semua saya pakai ampas kopi untuk melukis,” tandas pria lulusan SMA Negeri 1 Batu ini.

Pertama yang harus dilakukan sebelum mulai menuangkan gagasannya ke atas kanvas adalah menggoreng kopi.

“Saya pakai jenis kopi Jawa. Saya goreng biji kopinya, ada yang agak matang dan juga ada yang gosong. Ini perlu untuk membuat gradasi warna tertentu,” urainya.

Melukis menggunakan bahan kopi, diakui Sugiono memerlukan ketrampilan khusus. “Cara melukisnya tak bisa meletakkan kanvas dalam posisi berdiri, harus datar supaya cairannya tidak merembet kemana-mana,” ungkapnya.

Sugiono menambahkan, tak perlu waktu lama untuk menunggu keringnya ampas kopi tersebut. Setelah diangin-anginkan, proses selanjutnya adalah melabur karya lukisnya itu dengan Aquaprof dan binder agar ampas kopi yang sudah berwujud lukisan itu bisa menempel pada kanvas.

Ternyata tak perlu banyak ampas kopi untuk dituangkan jadi lukisan. “Untuk bikin lima lukisan itu hanya seperempat kg ampas kopinya,” tandas pelukis otodidak ini.

Karya lukis Sugiono ini menjadi bagian dari Urban Coffee Week 2017 yang mengangkat tema The Color of Coffee.

Acara yang berlangsung hingga Minggu (23/7) itu dimeriahkan beragam acara, mulai talkshow, workshop, hingga Latte Art Championship Open yang diikuti 64 barista. –sum

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)