‘Semangat Jazz adalah Semangat Kemerdekaan’, Malam Ini Samy Thiebault Tampil di Jazz Traffic Festival

1136 views

Samy Thiebault saat memeragakan kemampuannya memainkan saksofon di acara jumpa pers Jazz Traffic Festival di Take Five Cafe.

iniSURABAYA – Ada yang spesial di pentas Jazz Traffic Festival (JTF) kali ini. Panggung JTF 2017 akan dimeriahkan hadirnya musisi Prancis, Samy Thiebault Quartet.

Namun, untuk pementasan yang digelar pada hari pertama JTF, Jumat (18/8) nanti malam, yang tampil hanya tiga personel, yaitu Samy Thiebault (saksofon), Sylvain Romano (kontra bas), dan Philippe Soirat (drum). Adrien Chicot (pianis) tidak ikut hadir di Surabaya.

Trio musisi ini dijadwalkan tampil di BNI Stage Convention Hall lantai 3 Grand City Convex. Mereka akan membawakan enam repertoar yang semuanya karya Samy, yaitu Raqsat Fes, Nesfe Jahan, Abidjan, Chant du tres Loin, Amor Bonito, dan From Sky.

Dari enam komposisi tersebut, empat lagu diantaranya diambil dari album terakhir mereka yang bertajuk ‘Rebirth’.

“Saat ini kami sedang mempersiapkan album baru,“ ucap Samy saat ditemui di acara jumpa pers JTF 2017 di Take Fave Café Music & Lounge, Kamis (17/8).

Samy mengaku senang bisa hadir di saat bangsa Indonesia sedang merayakan kemerdekaannya. “Semangat kemerdekaan ini seperti semangat jazz yang representasi kemerdekaan dalam berekspresi,” tegasnya.

Menurut Samy, meski album ‘Rebirth’ sudah sering dibawakan saat tampil di beberapa negara yang dikunjungi personel Samy Thiebault Quartet, namun mereka selalu menghadirkan repertoar yang berbeda-beda.

“Nuansanya tak akan pernah sama. Selain karena lagu yang kami nyanyikan berbeda, kami juga selalu berimprovisasi setiap bertemu publik baru,” tuturnya.

Samy mengaku ‘Rebirth’ berisi lagu yang memapar perjalanan hidupnya. Dimulai dengan komposisi berjudul ‘Abidjan’, nama kota di Pantai Gading, tempat Samy dilahirkan dan menetap selama tiga tahun pertamanya.

“Meski singkat di kota itu, tapi membawa banyak kenangan dan fantasi bagiku,” ungkap Samy.

Selain Samy dan kawan-kawannya, ada sekitar 300 musisi yang bakal memeriahkan JTF 2017 yang digeber selama dua hari (Jumat-Sabtu, 18-19/8) di Grand City Convex.

Para musisi ini tampil di lima panggung berbeda, yaitu satu panggung di Convention Hall lantai tiga (indoor), satu panggung Exhibition Hall di lantai dasar (indoor), dan tiga panggung di area parkir (outdoor).

Selama dua hari itu, pengunjung akan menikmati hiburan full musik mulai pukul 16.00 (pada hari Jumat, 18/8), dan mulai pukul 14.00 (Sabtu, 19/8) hingga pukul 23.59. –din

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)