Gunung Agung Masih Mengkhawatirkan Wings Air Batalkan Penerbangan Surabaya-Banyuwangi dan Surabaya-Jember

948 views

iniSURABAYA – Aktivitas vulkanik Gunung Agung, Bali yang terus bergejolak membuat otoritas bandara memutuskan penutupan dua bandara di Jawa Timur, yaitu Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, dan Bandara Notohadinegoro, Jember, Selasa (3/7/2018).

Penutupan Bandara Blimbingsari mulai pukul 03.40 WIB sampai dengan 05.00 WIB dan diperpanjang hingga pukul 15.00 WIB. Sedangkan di Jember ditutup mulai pukul 05.48 WIB hingga 06.00 WIB dan diperpanjang pukul 15.00 WIB.

“Kondisi itu dikarenakan dampak erupsi dan aktivitas yang mengalami peningkatan dari Gunung Agung di Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali,” kata Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Wings Air.

Menurut Danang, material abu vulkanik atau volcanic ash dapat merusak pesawat, sehingga membahayakan penerbangan. Untuk menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan, operasional Wings Air mengalami penyesuaian dengan kondisi tersebut pada beberapa penerbangan.

Informasi rute Wings Air dengan status pembatalan penerbangan (cancel flight) hari ini, sebagai berikut:

Keberangkatan Domestik (departure)
 Wings Air IW1873 Jember – Surabaya
 Wings Air IW1881 Banyuwangi – Surabaya

Kedatangan Domestik (arrival)
 Wings Air IW1872 Surabaya – Jember
 Wings Air IW1880 Surabaya – Banyuwangi

Lion Air Group melakukan penanganan kepada seluruh pelanggan yang terkena dampak sesuai kebijakan perusahaan, yaitu:
 Standart Operation Procedure (SOP), yaitu pengembalian dana mengacu pada aturan pemerintah untuk force majeure yang terdapat dalam PM 185 tahun 2015, bahwa untuk penerbangan dengan kelompok layanan no frills (low cost carrier/ LCC) dilakukan pemotongan biaya administrasi 10 persen dari harga tiket dasar (basic fare) yang telah dibayarkan oleh pelanggan.

 Perubahan jadwal penerbangan (reschedule) dengan tanpa dikenakan biaya tambahan.

Wings Air telah menginformasikan kepada seluruh pelanggan yang terganggu perjalanannya dan akan memperbarui informasi sesuai perkembangan lebih lanjut.

“Wings Air akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dalam memberikan keterangan sesuai  situasi terkini,” kata Danang.

Ditambahkan pula bahwa operasional Wings Air akan berjalan normal kembali setelah bandar udara di Banyuwangi dan Jember dinyatakan aman (safety) untuk penerbangan. “Lion Air Group menyatakan patuh dan menjalankan kebijakan bandar udara, pemerintah selaku regulator dan standar prosedur operasi (SOP) Lion Air Group serta ketentuan internasional dalam menjalankan seluruh jaringan operasional,” tegasnya. dit

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)