Nasi Tumpeng dari Bahan Nasi Jagung? Menu Spesial Hari Kemerdekaan Ini Hanya Ada di Hotel Mercure

2908 views

iniSURABAYA – Nasi tumpeng selama wujudnya sering dalam bentuk nasi putih atau nasi kuning. Khusus untuk menyambut Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia kali ini, juru masak Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya menghadirkan kreasi nasi tumpeng dari nasi jagung.

Selain bahan dasar berupa nasi jagung, nasi tumpeng ini juga diberi lauk ayam bakar dengan bumbu rending serta lalapan komplit dan Sayur Terancam. “Makanan ini memang fusion, perpaduan jagung yang mewakili Madura, ayam dari Jawa, dan bumbu rendangnya khas Padang,” ujar Tatang Setiawan, Asst. Exc. Sous Chef.

Menurut Chef Tatang, perpaduan berbagai bahan di Nasi Tumpeng Kemerdekaan itu identik dengan Indonesia yang terdiri dari beragam suku, adat, dan agama. “Jadi kemerdekaan ini bukan hanya milik sekelompok golongan, tetapi milik semua yang sudah bersama-sama membangun negeri ini,” tandasnya.

Chef Tatang lalu merinci lebih detil mengenai bahan yang dipakai untuk meracik Nasi Tumpeng istimewa tersebut. Diantaranya adalah telor, daging, ayam, ikan.

“Menu ini tidak sepenuhnya menggunakan bumbu rendang. Karena untuk membuat pyur bumbu rending itu perlu waktu lama, sekitar 14 jam. Jadi hanya untuk menimbulkan rasa rendangnya,” papar Chef Tatang.

Sedang ayamnya setelah diberi bumbu kemudian diungkep selama 45 menit baru kemudian dibakar. “Agar rasa lebih ‘menendang’, maka perlu ditambahkan madu,” tuturnya.

Selain itu, Chef Tatang juga berbagi tips agar rasa amis ayam bisa hilang. Menurut Chef Tatang ayam itu perlu dilumuri dengan kencur. “Manfaatnya selain menghilangkan rasa amis, kencur juga bisa meluruhkan rasa keras pada daging ayam,” ungkapnya.

Yang unik dari penyajian Nasi Tumpeng yang terbuat dari nasi jagung ini adalah bentuknya yang mini. “Jika selama ini nasi tumpeng untuk dimakan ramai-ramai, ini untuk dinikmati sendiri. Karena satu porsi untuk satu orang,” kata Chef Tatang.

Ditekankan Chef Tatang, penggunaan nasi jagung ini juga punya manfaat lebih buat kesehatan. “Nasi jagung ini sebagai salah satu sumber energi, mengatasi gangguan pencernaan, menjaga kekebalan tubuh, dan mencegah anemia,” urainya.

Menu Nasi Tumpeng dari nasi jagung di hotel bintang 4 ini dibanderol dengan harga Rp 95.000 nett per-porsi. Sebagai pendamping disajikan pula minuman dari buah segar Mocktail Red dan Mocktail White yang terbuat dari buah sirsak segar. dit

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 700x100)