Selain Harus Dilakukan Sesuai Aturan, Ada Ucapan Khusus Saat Santap Ye Shang, Apa Itu?

1692 views

iniSURABAYA – Ye Shang atau salad khas Cina adalah sajian khusus yang selalu hadir saat Imlek. Menu yang disantap bersama keluarga ini terdiri dari bermacam bahan, yaitu buah dan sayuran yang berwarna-warni dalam bermacam rasa, yaitu manis, asin, asam, pahit, dan pedas.

Untuk menyantap Ye Shang ini ternyata ada aturannya. Diawali dengan memeras jeruk nipis di atas kulit ikan salmon sambil mengucapkan harapan dalam bahasa Mandarin, ‘Ta Ci Ta Li’, artinya ‘Semoga tahun ini jauh dari malapetaka’.

Lalu taburkan kulit ikan salmon di atas Yee Shang sambil mengucapkan ‘Nien Nien Yo Yu’ yang artinya ‘Semoga tahun ini diberikan rezeki melimpah’. Kemudian lada ditaburkan dengan mengucapkan ‘Gong Xi Fa Cai’ atau ‘Selamat Tahun Baru Imlek’.

Berikutnya minyak goreng dituangkan di atas Yee Shang sambil mengucapkan ‘Wa Se Lu Yi’ atau ‘Semoga tahun ini bisnis dilancarkan’. Selanjutnya madu dituangkan sambil mengucapkan ‘Tien Tien Mi Mi’, artinya ‘Semoga diberikan keharmonisan dalam keluarga’.

Setelah itu, krupuk ditaburkan sambil mengucapkan ‘Bian Di Huang Jin’, artinya ‘Semoga tahun ini diberikan emas yang berlimpah’.

Terakhir seluruh anggota keluarga yang berkumpul di sekeliling Yee Shang bersama-sama mengaduk-aduk semua bahan tersebut sambil mengucapkan ‘Lo Hei’, artinya ‘Mari kita aduk’.

Saat mengangkat Ye Shang pakai sumpit tinggi-tinggi itu sambil mengucapkan ‘Zhu Da Jia Lao Sheng Lao Dao Feng Sheng Shui Qi’, yang artinya ‘Mari kita angkat tinggi-tinggi, agar rezekinya juga tinggi’.

Baca Juga : https://inisurabaya.com/2019/01/sambut-tahun-baru-babi-restoran-di-hotel-java-paragon-ini-siapkan-3-paket-menu-ini-pilihannya/

Mengaduk-aduk semua bahan memiliki filosofi bahwa seluruh anggota keluarga saling mendukung dalam menjalani kehidupan dan memberi semangat dalam suka maupun duka.

Sedangkan mengangkat Yee Shang tinggi-tinggi bermakna harapan agar bisa memperoleh banyak rezeki. Ye Shang menjadi bagian paket Family Reunion Dinner yang ditawarkan pada tamu untuk menyambut Tahun Baru Babi Tanah.

Aneka menu yang disajikan mulai 4-19 Februari 2019 di Ah Yat Abalone Forum Restaurant di Java Paragon Hotel & Residences ini bisa dinikmati dengan harga Rp 5.988.000++, Rp 7.988.000++, dan Rp 11.888.000++ per-meja untuk 10 orang. dit

#javaparagon #menuimlek #yeshang

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 700x100)