Sentuhan dan Pijatan Sang Ibu Bisa Menambah Berat badan Bayi? Begini Penjelasannya

1166 views
Johnson’s mengunjungi 15 kota di Indonesia untuk mengedukasi masyarakat dan membantu bayi agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal melalui pijat bayi.

iniSURABAYA.com – Tindakan pemijatan seorang ibu ternyata berkaitan erat dengan proses tumbuh kembang bayi. Karena itu, jika ingin tumbuh kembang bayi berjalan dengan baik, maka sang buah hati perlu mendapatkan pemijatan setidaknya dua kali sehari.

“Pijat bayi harus rutin dilakukan pada pagi hari dan malam menjelang tidur,” kata Gina Puspanti Anggraeni, PSO Johnson Baby, Sabtu (6/4/2019).

Tampil di acara ‘Program Sentuhan Cinta dan Lokakarya Pijat Bayi di Indonesia’ yang diselenggarakan Johnson’s di Hotel Ibis Style Jemursari Surabaya, Gina menegaskan bahwa makin sering anak dipijat akan meningkatkan imunitasnya.

“Pijatan pada bayi akan membuatnya mudah lapar. Gerakan pijatan pada bagian kepala, juga akan membuat bayi cenderung kuat menghisap saat minum ASI,” katanya.

Senada dengan Gina, dokter Dyah Retno Wulan SpA menyatakan bahwa stimulasi merupakan aktivitas yang dilakukan setiap hari untuk merangsang semua sistem indera pendengaran, penglihatan, perabaan, penciuman dan pengecapan.

“Stimulasi sangat berperan penting dalam tumbuh kembang bayi terutama selama periode emas,” ucapnya.

Stimulasi secara terus menerus dengan beragam cara, lanjut dokter Dyah, dapat mendorong perkembangan bayi menjadi lebih cepat serta meningkatkan berbagai aspek keterampilan anak, baik emosional, sensorik maupun motorik serta membantu perkembangan sistem saraf pada bayi.

”Pengetahuan tentang perawatan bayi dan fasilitas kesehatan yang memadai merupakan dua hal yang berpengaruh dalam tumbuh kembang anak. Hal lain yang tidak kalah pentingnya dalam mendukung pertumbuhan anak selama periode emas adalah ‘sentuhan’,” katanya.

Sentuhan merupakan momen terjadinya ikatan emosional antara bayi dan ibu yang dapat membantu menstimulasi indera bayi, sehingga mendukung tumbuh kembangnya agar optimal. Stimulasi sentuhan bisa dirasakan oleh bayi saat ritual mandi dan pijat.

“Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan bayi dari stimulasi sentuhan melalui proses pemijatan, terutama selama periode emas,” imbuhnnya.

Pada periode ini, masih kata Dyah, jika pijat bayi dilakukan secara rutin, dapat membantu bayi untuk tumbuh dan berkembang secara optimal karena banyaknya manfaat yang didapat seperti memperlancar peredaran darah, memperlancar pencernaan bayi dengan menambah nafsu makan, mencerna dan menyerap makanan sehingga membantu menambah berat badan bayi. dit

#johnsons #pijatbayi #tumbuhkembang

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)