Vesak Festival Usung 3 Diorama Simbol Peristiwa Penting dalam Kehidupan Umat Budha

298 views
Pengunjung Vesak Festival sedang memandikan patung pada diorama kelahiran Pangeran Siddartha Gautama yang dihadirkan di Tunjungan Plaza 6 Surabaya. (foto-foto: Virgita Kasih Arwinda)

inSURABAYA.com – Vesak Festival kembali digelar di Atrium Tunjungan Plaza 6 Surabaya. Acara yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Trisuci Waisak 2019 ini berlangsung dari tanggal 15-19 Mei 2019 dan dibuka untuk umum.

Pengunjung diberi kebebasan untuk mengabadikan tiga diorama yang disajikan pada acara tersebut. Diorama yang merupakan simbol peringatan tiga peristiwa penting itu adalah Kelahiran Pangeran Siddartha Gautama, pencerahan pencapaian Pangeran Siddartha, hingga peristiwa Sang Budha Gautama mencapai kondisi Parinibbana.

Pada area pintu masuk acara, terdapat diorama kelahiran Pangeran Siddartha Gautama. Pengunjung bisa memandikan patung yang berada di sebuah kolam kecil sebagai simbol membersihkan kotoran.

“Ini acara bagus ya, bisa menambah wawasan mengenai keberagaman agama yang ada di Indonesia, khususnya agama Buddha,” ujar Raudha, salah seorang pengunjung mall.

Pada Vesak Festival kali ini, tema yang diusung adalah ‘Pandangan yang Benar’, yang artinya cara pandang seseorang mempengaruhi seseorang tersebut berbicara dan berperilaku.

“Pandangan benar sangat penting dalam melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Meilymawaty, Ketua Pelaksana Vesak Festival 2019 kepada iniSurabaya.com.

Yang Mulia Bhante Sukhito Mahathera, salah satu rohaniawan Buddha yang hadir dalam acara ini berharap acara yang di gelar di mall ini bisa memperkenalkan Waisak kepada masyarakat non-buddhis.

“Semoga masyarakat bisa menyebarkan cinta kasih kepada semua makhluk hidup dan juga lingkungan,” ungkapnya.

Serangkaian acara Vesak Festival tahun ini meliputi kirab kelik, upacara tradisi Buddha Kejawen, penampilan Vihara, pertunjukkan barongsai, dan lainnya. ita

#trisuciwaisak #tunjunganplaza #vesakfestival

Posting Terkait