Inilah Sajian Spesial Bagi Penggemar Belut, Ada 3 Pilihan Menu di Sekarwangi Restaurant

889 views

iniSURABAYA.com – Bagi penggemar menu belut, ini ada sajian spesial hasil racikan juru masak Hotel Santika Jemursari Surabaya. Makanan berbahan belut tak hanya disajikan dalam bentuk penyetan sambal, tetapi juga dalam suguhan dendeng dan mangut.

Jenis olahan yang unik, karena dendeng selama ini dikenal sebagai sajian khas daerah Padang. Sedang mangut adalah menu spesial dari Jawa Tengah.

Untuk menu Dendeng Belut memiliki cita rasa asin, pedas, dan sedikit manis. Setelah belut dipotong-potong dan digoreng kering, belut dimasak dengan bumbu balado, plus cabe merah besar, dan bawang putih goreng. “Dendeng belut ini teksturnya kering,” papar Choirul Abidin, Assistant Chef Hotel Santika Jemursari Surabaya.

Mangut Belut

Menurut Chef Choirul, proses pengolahan Dendeng Belut ini berbeda dengan dendeng biasanya. “Karena badannya yang licin dan berlendir, belut diberi bumbu dasar untuk selanjutnya didiamkan selama 2-3 jam, baru kemudian digoreng kering,” imbuhnya. 

Sedang Mangut Belut, adalah sajian dengan cita rasa pedas, gurih dengan kuah santan. Menu ini sarat bumbu dengan aroma khas kemangi dan toge kedelai (ale). 

Dendeng Belut

Olahan Mangut Belut ini, lanjut Choirul, nyaris sama dengan kare yang ditambah racikan sambal kedelai plus kemangi.  

Sedang olahan Pecel Belut, sama seperti penyetan biasanya. Racikannya terdiri dari belut goreng plus sambal ditambah bawang putih goreng dan lalapan.  

Ditekankan Choirul, khasiat satwa yang banyak ditemui di sawah ini banyak. Diantaranya adalah kaya fosfor dan zat besi. “Belut juga memiliki fungsi baik untuk meminimalisir pengeroposan tulang dan memperkuat daya tahan tubuh,” paparnya.

Pecel Belut

Aneka olahan belut ini bisa dipesan setiap hari di Sekarwangi Restaurant sebagai menu ala carte. Sajian belut ini dibanderol dengan harga Rp 68.000 nett per-porsi.

Sebagai pendamping menu belut, barista Dedyk menghadirkan minuman Ja-Mint Mocktail. Minuman dingin ini berbahan utama sirup jahe, sirup mint, dan lemon.

Cara meraciknya, sirup jahe dengan takaran 20 ml dituangkan terlebih dulu ke dalam gelas. “Lalu lemon dengan ukuran 15 ml, sirup mint 20 ml, gula 10 ml, dan air putih 20 ml dishaker bersama potongan es,” bebernya.

Ja-Mint Mocktail ini cita rasanya perpaduan segar mint plus hangatnya jahe. “Karena disajikan dingin maka jadi fresh. Cocok untuk cuaca panas seperti sekarang maupun nanti ketika musim hujan,” tutur Dedyk.

Disamping Ja-Mint, tamu juga bisa menikmati pilihan lainnya yaitu Milky Mango, dan Fun-Tastic Coffee. Aneka minuman itu dipatok harga Rp 48.000 nett per-porsi. dit

#hotelsantikajemursari #jahe #menubelut #mocktail

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)