Uji Ketrampilan Sopir Truk Hino, Wibowo Santoso: Driver yang Trampil Bisa Perpanjang Usia Pemanfaatan Kendaraan

1179 views
Pengemudi truk Hino diuji ketrampilannya di ajang Hino Safety Driving Competition 2019 yang digelar Parkir Timur Surabaya Plaza, Kamis (17/10/2019).

iniSURABAYA.com – Sebanyak 20 pengemudi truk lolos ke babak final Hino Safety Driving Competition 2019 yang digelar Parkir Timur Surabaya Plaza, Kamis (17/10/2019).

Kompetisi ketrampilan mengemudi truk yang diselenggarakan PT Hino Motors Sales Indonesia (HKSI) untuk kedua kalinya di Surabaya ini semula diikuti sekitar 168 peserta dari 129 perusahaan dari berbagai macam bisnis di Jawa Timur.

Mereka menjalani seleksi awal dalam bentuk tes tertulis mengenai kesemalatan berkendara seperty daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving, dan mengenali rambu-rambu lalu lintas.

“Materi ini sangat penting, karena pengecekan kondisi kendaraan secara rutin meminimalkan risiko kecelakaan lalu lintas,” tegas Wibowo Santoso, Deputy GM Sales Planning & Strategic Division PT Hino Motors Sales Indonesia.  

Menurut Wibowo, beberapa kasus kecelakaan lalu lintas disebabkan rem blong, tekanan ban tidak tepat, dan kerusakan kendaraan yang tidak disadari pengemudi.

“Dengan pengecekan rutin, pengemudi dapat menyadari dan mendeteksi adanya kerusakan pada kendaraan, sehingga ada upaya perbaikan sebelum kerusakan makin parah dan menimbulkan korban,” tandasnya.

Pada tahapan pertama dipilih 10 perwakilan terbaik untuk katagori truk kecil (Dutro), dan 10 terbaik dari katagori truk sedang (Ranger). Ke-20 finalis ini menjalani inspection test, dan skill test berupa zig-zag maju dan mundur, serta reverse parking.

Khusus untuk katagori Ranger ada tambahan eco-driving atau hemat bahan bakar. “Melalui tes ini diharapkan pengemudi dapat menerapkannya ketika sedang bertugas, dan membantu perusahaan meraih bisnis yang efisien,” tutur Wibowo.

Wibowo menambahkan, tahapan kompetisi tersebut merupakan upaya Hino dalam memberikan apreasiasi kepada konsumen dan driver yang menggunakan truk Hino untuk mendapatkan informasi dan pembelajaran mengemudi yang baik sesuai teknologi yang disematkan di truk Hino.

“Produk yang baik bila tidak digunakan secara baik tentu akan tidak baik juga. Karena itu kami ingin memberikan apreasi tentang menggunakan truk terutama mengemudi kemudian cara perawatan truk Hno, sehingga bisa memperpanjang usia pemanfaatan truk Hino,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Basuki Tomo, Juara Nasional Hino Safety Driving Competition 2019 mengakui manfaat ikut kompetisi yang sudah diadakan HMSI sejak 2017.

“Terutama wawasan yang diberikan oleh pihak kepolisian dan Dishub (Dinas Perhubungan) terkait kontrol emosi di jalan raya itu sangat penting,” paparnya kepada iniSurabaya.com.

Pria kelahiran Kediri ini menyatakan, jika emosi tidak bisa dikendalikan saat truk yang dikemudikan disalip kendaraan lainnya maka justru akan timbul masalah pada diri sendiri.

“Kalau terjadi kecelakaan tentu jadi masalah buat perusahaan karena kendaraan rusak. Di sisi lain, beban juga buat sopir karena ada keluarga yang menanti di rumah,” cetusnya. dit

#hinomotorssalesindonesia #hinosafetydrivingcompetition #trukHino

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 700x100)