Wagub Jabar Tegaskan Generasi Muda Unggul Kunci Indonesia Emas 2045

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat memberi kuliah umum dalam Simposium Nasional Pemuda Indonesia dengan tema ‘Transformasi Pemuda Menuju Indonesia Emas’ di Universitas Pelita Bangsa, Kabupaten Bekasi, Rabu (5/2/2020). (Foto: Dudi/Humas Jabar)

iniSURABAYA.com | KAB. BEKASI – Generasi muda yang berkualitas dan berdaya saing menjadi kunci menuju Indonesia Emas 2045.

Demikian pernyataan Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) saat memberi kuliah umum dalam Simposium Nasional Pemuda Indonesia dengan tema ‘Transformasi Pemuda Menuju Indonesia Emas’ di Universitas Pelita Bangsa, Kabupaten Bekasi, Rabu (5/2/20).

Bacaan Lainnya

“Ada empat hal yang harus dipegang anak muda untuk mampu menjawab tantangan di 2045 mendatang,” ungkapnya.

Pertama, kata Uu, generasi muda harus menguasai dan memahami dunia digital. “Siapa yang menguasai dunia digital dunia medsos (media sosial), dunia komputer, itu yang akan menguasai dan menikmati loncatan-loncatan teknologi di dunia ini,” paparnya.

Hal kedua yang harus dimiliki generasi muda adalah pandai berkomunikasi dan silaturahmi. “Harus mampu berbicara di depan umum. Adik-adikku harus mampu pidato, harus bisa menyampaikan isi hati harus bisa menyampaikan pikiran,” ucapnya.

Kemudian, menurut Uu, generasi muda harus mampu berkerja sama. Kemampuan tersebut dapat diasah dengan berorganisasi. “Jangan one man show, sadaya ku nyalira (semua sama sendiri). Karena hari ini sulit untuk membuat kekuatan kalau kita selamanya sendiri,” cetusnya.

Terakhir, Uu meminta generasi muda harus memiliki keimanan dan ketakwaan. “Karena sehebat apapun kita dalam ilmu komputer, berkomunikasi dan membagi peran tetapi kalau moral dan budi pekertinya jelek maka kita tidak akan bernilai untuk mendapatkan kepercayaan di masyarakat,” begitu pungkasnya. wid/adv

Pos terkait