Ingin Pindahkan Jadwal Penerbangan AirAsia? Simak Dulu Langkah Berikut Ini

iniSURABAYA.com | JAKARTA – Maskapai penerbangan AirAsia menghentikan semua rute penerbangan mulai Kamis (1/4/2020). Untuk penerbangan rute domestik dihentikan sementara hingga 21 April 2020.

Sedang rute internasional dihentikan sementara hingga 17 Mei 2020. Langkah tersebut diharapkan dapat membantu upaya pemerintah dalam membatasi pergerakan orang untuk sementara sehingga mengurangi tingkat penyebarannya di Tanah Air.  

Bacaan Lainnya

“Kami memohon maaf dan berterima kasih kepada puluhan ribu calon penumpang yang penerbangannya terdampak, atas pengertian dan kerja samanya terhadap upaya ini,” kata Veranita Yosephine Sinaga, Direktur Utama AirAsia Indonesia dalam rilis yang dikirim ke redasi iniSurabaya.com.

Veranita menyatakan pula bahwa pihaknya berkomitmen untuk memudahkan proses pengubahan jadwal penerbangan sampai 31 Oktober 2020 sehingga dapat membantu masyarakat #dirumahaja untuk sementara demi kebaikan bersama.

Sebelum mengajukan pindah jadwal di AVA, AirAsia menyarankan pelanggan untuk mencatat beberapa hal berikut ini terlebih dahulu:

  1. Nomor pemesanan atau kode booking, yaitu 6 digit huruf dan/ atau angka yang tertera di tiket, misalnya DXGH6J.
  2. Jadwal penerbangan yang tertera di tiket yaitu: nomor penerbangan, asal, tujuan, tanggal keberangkatan.
  3. Nama lengkap penumpang; pastikan nama depan dan nama belakang persis sebagaimana yang tertulis di tiket.
  4. Jadwal penerbangan pergi dan pulang yang diinginkan yaitu nomor penerbangan dan tanggal penerbangan, misalnya QZ234 tanggal 31 Agustus 2020. Pastikan jadwal penerbangan yang Anda inginkan tersedia dengan mengecek,di airasia.com.
  5. Email yang digunakan pada saat pemesanan tiket dan nomor telepon Anda.

Anda juga diharapkan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Ubah jadwal dapat dilakukan hingga 48 jam sebelum jadwal penerbangan baru. Jika penerbangan Anda dibatalkan karena COVID-19, meskipun penerbangan yang dibatalkan telah lewat, Anda masih bisa mengajukan pengubahan jadwal melalui AVA.
  2. Ubah jadwal bebas biaya dan dapat dilakukan lebih dari sekali, bergantung pada ketersediaan kursi.
  3. Percakapan di AVA bersifat berkesinambungan, dan dapat terputus jika koneksi internet terganggu atau halaman percakapan dimuat ulang (refresh). 
  4. Saat ini AVA sedang dalam proses pembelajaran, silakan jawab dengan singkat sesuai yang ditanyakan, dan tidak harus dalam kalimat lengkap.
  5. Kesesuaian informasi yang Anda masukkan di AVA dengan yang tertera di tiket akan menentukan tingkat keberhasilan proses. Pastikan nama depan, nama belakang, tanggal lahir dan email sudah sesuai informasi yang dimasukkan saat pemesanan tiket. 
  6. Sistem AVA sedang menangani peningkatan jumlah permintaan hingga 10 kali lipat. Jika jadwal penerbangan masih lebih dari 14 hari lagi, mohon kerja samanya karena sistem kami akan memprioritaskan menangani calon penumpang dengan jadwal keberangkatan lebih awal.

Jika memiliki penerbangan lebih dari satu sektor (penerbangan Jakarta – Bali PP dihitung 2 sektor, penerbangan Jakarta – Kuala Lumpur – Osaka PP dihitung 4 sektor), pelanggan dapat mengubah jadwal satu per satu. wid

Pos terkait