Polri Bantu Ventilator, Emil Dardak: Alat Ini Akan Bantu Peningkatan Jumlah Pasien Sembuh

588 views
Sejumlah rumah sakit di Jatim mendapat bantuan ventilator dari Mabes Polri.

iniSURABAYA.com – Ini kabar baik baik warga Jawa Timur, khususnya mereka yang dinyatakan positif Covid-19 dan menjalani proses penyembuhan. Polri menyumbang puluhan ventilator yang selanjutnya didistribusikan ke sejumlah rumah sakit Bhayangkara di Jatim.

Rumah sakit yang kebagian ventilator dari Polri ini adalah jaringan Rumah Sakit Bhayangkara di Kota Surabaya, Kediri, Tulungagung, Malang, Lumajang, Bondowoso, Nganjuk dan Bojonegoro.

Hadirnya ventilator itu kontan disambut gembira oleh Emil Elistianto Dardak, Wakil Gubernur Jatim dan berharap alat tersebut diharap dapat mendukung upaya peningkatan kesembuhan pasien Covid-19.

Emil yakin semakin banyak dukungan yang diberikan dari berbagai pihak, tentu semakin meningkatkan semangat Pemprov Jatim untuk mengatasi pandemi ini.

Emil menuturkan, sejauh ini jumlah warga positif Covid-19 di Jatim mencapai 5.406 orang. Dan berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim, pasien Covid-19 yang masih dalam perawatan sebanyak 3.724 orang.

Angka tersebut menunjukkan jumlah yang cukup tinggi yang menempatkan Provinsi Jatim sebagai penyumbang tertinggi untuk pasien positif Covid-19 di Indonesia sehingga wajib diwaspadai.

Dengan banyaknya pasien yang dirawat tersebut, tentunya membutuhkan fasilitas kesehatan yang memadai, terutama ventilator yang menjadi salah satu alat penunjang hidup yang vital bagi pasien kritis dan dalam hal ini Propinsi Jawa Timur memiliki keterbatasan, tidak mencukupi untuk menunjang pasien-pasien kritis yang dirawat.

“Tambahan ventilator ini dapat membantu keberlangsungan hidup pasien-pasien kritis yang mengalami gagal nafas,” tandasnya. Emil optimistis dengan ketersediaan alat yang cukup tentu akan meningkatkan jumlah pasien yang bisa diselamatkan.

Di sisi lain, lanjut Emil, pihaknya juga tengah menyiapkan program yang diharapkan mampu menurunkan penularan Covid-19. “Kami akan menyelenggarakan aksi sosial donor plasma darah bagi pasien Covid-19 yang sudah sembuh agar bisa membantu pasien lain yang kondisinya berat hingga sangat berat,” katanya. dit

#emildardak #polri #rumahsakitbhayangkara #ventilator #wakilgubernurJawaTimur

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)