Asyiik! Mulai 29 Juli Bisa Nonton Film di Bioskop Lagi

Seluruh gedung bioskop di Indonesia bakal kembali beroperasi mulai 29 Juli mendatang.

iniSURABAYA.com | JAKARTA – Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) akhirnya sepakat membuka kembali operasional bioskop mulai Rabu (29/7/2020).

Kesepakatan itu diambil berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 serta Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif /Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 02/KB/2020.

Bacaan Lainnya

Meski begitu, GPBSI yang menaungi jaringan bioskop di Indonesia, yakni Cinema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum, dan New Star Cineplex menyatakan perlu waktu dua hingga tiga pekan untuk mempersiapkan implementasi penerapan protokol kesehatan untuk membuka gedung bioskop.

Menurut Djonny Syafruddin, Ketua GPBSI, yang dipersiapkan industri sinema saat ini adalah materi komunikasi dan sosialisasi penerapan protokol kenormalan baru. Selain itu, juga proses edukasi dan pelatihan internal terkait penerapan protokol kenormalan baru di lingkungan bioskop kepada seluruh karyawan yang akan bertugas.

“Kami juga sedang menyiapkan komunikasi kepada rumah-rumah produksi terkait kesiapan film serta materi promosi yang akan dilakukan setelah bioskop dapat kembali aktif beroperasi,” ungkap Djonny melalui keterangan tertulisnya, Rabu (8 /7/2020).

Djonny menekankan bahwa para pelaku industri bioskop telah berdiskusi dan bersepakat untuk dapat kembali melakukan kegiatan operasional bioskop terhitung mulai Rabu, 29 Juli 2020 secara serentak di seluruh Indonesia.

Djonny berharap persiapan operasional bioskop dapat berjalan dengan baik sehingga bisa kembali beroperasi dan kembali memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan sektor ekonomi kreatif khususnya industri perfilman Tanah Air. “Kami harap semuanya berjalan lancar,” cetusnya. 

Sebagaimana diberitakan, sejak sebulan lalu Cinema XXI sudah ancang-ancang kembali beroperasi  menyusul kembali dibukanya 80 pusat perbelanjaan di DKI Jakarta.

“Ketika diperkenankan untuk kembali melakukan kegiatan operasional, sejumlah protokol kenormalan baru akan diterapkan di lingkungan bioskop Cinema XXI,” kata Dewinta Hutagaol, Head of Corporate Communications & Brand Management Cinema XXI.

Dewinta menekankan bahwa semua jaringan bioskop Cinema XXI akan menerapkan physical distancing kepada semua pengunjung di dalam maupun di luar studio. “Penerapan physical distancing yaitu minimal satu meter di seluruh lingkungan bioskop termasuk di dalam studio,” tegasnya.  

Selain penerapan kursi yang berjarak minimal satu meter, Cinema XXI juga menyiapkan hand sanitizer di setiap area bioskop. “Petugas dan pengunjung wajib selalu menjaga kebersihan tangan, karenanya kami menyiapkan hand sanitizer di area bioskop dan sabun cuci tangan yang selalu tersedia di toilet bioskop,” paparnya.

Cinema XXI juga mewajibkan pemakaian masker untuk setiap pengunjung dan petugas di dalam area bioskop. Pengecekan suhu tubuh juga bakal dilakukan sebelum memasuki area bioskop. wid

Pos terkait