Ke Mall Tanpa Masker dan Tidak Jaga Jarak? Jangan Kaget Jika Ditegur oleh Robovie!

266 views
Robot buatan Advanced Telecommunications Research Institute International (ATR) akan siap menegur jika sensor kamera menangkang pengunjung tanpa masker.

iniSURABAYA.com | JEPANG – Hadirnya robot sebagai staf baru di sebuah toko atau bahkan mall bukan hal aneh di era revolusi industri 4.0.

Di Jepang, ‘staf robot’ ini tugasnya memastikan pengunjung mengenakan masker dan mempraktikkan jarak sosial untuk mencegah penyebaran virus corona.

Robot bernama Robovie itu, dikutip dari Reuters, Rabu (18/11/2020), dikembangkan oleh Advanced Telecommunications Research Institute International (ATR) yang berbasis di Kyoto. https://lenteratoday.com/

Robovie memandu pelanggan di sekitar di toko yang menjual merchandise resmi tim sepak bola Cerezo Osaka.

Robot ini akan mengingatkan pelanggan toko, dengan mendeteksi melalui kamera dan teknologi sinar laser 3D, ketika mereka tidak memakai masker atau mematuhi aturan jarak sosial.

Penerapan Robovie adalah uji coba yang dimulai pekan lalu dan akan berjalan setidaknya hingga akhir bulan ini. Menurut ATR, penggunaan robot tersebut akan diperpanjang sesuai dengan situasi.

Dengan sekitar 120.000 kasus virus corona yang dilaporkan dan hampir 2.000 kematian, Jepang dinilai telah mengatasi pandemi lebih baik daripada banyak negara lain, dengan sebagian besar orang mematuhi untuk memakai masker.

Namun, pihak berwenang meminta masyarakat lebih waspada karena cuaca semakin dingin dan orang-orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan.

Beberapa waktu lalu perusahaan rintisan asal Jepang Groove X, yang didirikan mantan karyawan Softbank meluncurkan produk pertama mereka. Sebuah robot pendamping yang dirancang untuk membuat pemiliknya bahagia.

Nama robot itu Lovot, diambil dari kata ‘love’ dan ‘robot’. Lovot memang tidak bisa membersihkan rumah. “Tapi akan menarik kemampuan Anda dalam mencintai,” kata Kaname Hayashi, pendiri dan CEO Groove X.

Lovot memang bukan robot praktis yang dapat berfungsi untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Tapi robot ini cukup dibutuhkan di Jepang mengingat Negeri Sakura tersebut negara dengan tingkat kebahagiaan terendah di antara negara-negara paling maju yang tergabung dalam G-7. 

Lovot dilengkapi kecerdasan artifisial (AI) untuk dapat berinteraksi dengan sekelilingnya. Robot itu juga memiliki roda dan bentuknya seperti pinguin dengan mata besar berwarna biru seperti mata tokoh-tokoh kartun.

“Pakaian luarnya bisa digonta-ganti dan berbicara dengan suara yang lucu,” ungkap Kaname Hayashi. dit/ant

#cerezoosaka #masker #robovie

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)