Dua Seniman Surabaya Gelar ‘Ruwatan Sengkolo’, Harapkan Risma Amanah Jalankan Tugas Jadi Menteri Sosial

249 views
Meimura (kanan) bersama Djadi Galajapo menggelar aksi ‘Ruwatan Sengkolo’ sebagai simbolisasi doa buat Tri Rismaharini yang dapat tugas baru sebagai Menteri Sosial.

iniSURABAYA.com – Tugas baru yang diemban Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju membuat dua seniman Surabaya tergerak untuk menggelar aksi ‘Ruwat Sengkolo’, Sabtu (26/12/2020).

Aksi yang dilakukan Meimura dan M Chengho Djadi Galajapo ini diakui keduanya untuk mengantar wali kota perempuan pertama Surabaya itu dalam melaksanakan tugas barunya di ibukota negeri ini.

Performing art tersebut dimulai sekitar puku 08.00. Keduanya terlebih dulu berkeliling area Balai Kota Surabaya dan berakhir di depan Balai Kota di sisi yang tepat menghadap patung Jenderal Besar Sudirman.

Meimura dengan atribut khas Besut Rusmini berjalan sambil membawa ‘sesaji’. “Iku sesajen-sesajenan, isine gedang simbul dungo sing kaucap nek tandang sing temenan ojo pencitraan,” ucap Meimura kepada iniSurabaya.com.  

Seniman yang rajin blusukan  ke pasar-pasar berbagi masker ini menambahkan isi sesaji lainnya. ”kendi isi banyu, nangdi paranmu iso o nggawe lego, segere liyan. Klopo simbul hidup musti bermanfaat. Dupa, hidup senantiasa menebar harum (kesenangan bagi orang lain). Sedang bunga kenanga, menjauhkan dari sengkolo,” urainya.

Sementara Djadi Galajapo mengiringi sambil memegang sapu ijuk yang merepresentasi ‘alat pembersih’ dari segala keburukan.

Ketika di depan Balai Kota, keduanya pun mulai aksi teatrikalnya. Aksi keduanya ini tak ayal menarik perhatian warga Surabaya yang kebetulan melintas di kawasan pusat kota tersebut.

“Ini sebagai doa buat Bu Risma yang sekarang mempunyai tanggung jawab berat sebagai Menteri Sosial,” tegas Djadi Galajapo.

Menurut Djadi, tugas yang diberikan kepada ‘emake arek-arek Suroboyo’ itu tidaklah ringan. Apalagi, jabatan ini sudah memakan banyak ‘korban’, termasuk Idrus Marham (Kabinet Kerja) dan Julian Batubara (Kabinet Indonesia Maju) yang sama-sama berada di pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Karena itu, baik Meimura maupun Djadi Galajapo berharap masuknya Risma ke kementerian tersebut bisa membawa perubahan yang baik.

“Mudah-mudahan Bu Risma senantiasa dalam bimbingan dan perlindungan Allah SWT. Nemu kamulyaan (menemukan kemuliaan, red) setelah dipimpin Bu Risma,” harap Djadi.

Harapan yang sama diungkapkan pula oleh Meimura. Lewat ‘Ruwat Sengkolo’ itu, Meimura berharap warga Kota Surabaya turut mendoakan agar langkah Risma yang sukses dua kali menjadi Wali Kota Surabaya ini bisa amanah saat menjadi menteri sosial.

“Tugas yang diemban Bu Risma sekarang ini tidak sembarangan. Karena itu semoga Beliau bisa amanah,” cetus seniman senior ini.

Meimura menekankan ‘Ruwatan Sengkolo’ yang mereka lakukan pagi itu sebagai simbolisasi doa agar Risma dapat memberikan yang terbaik pada negeri ini lewat jabatan barunya kali ini.

“Saya juga ajak semua dungo (berdoa), supaya Surabaya yang ditinggal tambah joyo mulyo. Nanti di sana Bu Risma juga menemukan sesuatu yang baik untuk bangsa dan negara,” pungkasnya. dit

#djadigalajapo #Meimura #menterisosial #trirismaharini #walikotasurabaya

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)