Sidoarjo Berlakukan Jam Malam Mulai 29 Desember Sampai 2 Januari, Kapolresta Sidoarjo: Malam Tahun Baru di Rumah Saja

Aparat Polresta Sidoarjo bakal melakukan penyekatan di sejumlah titik guna mengantisipasi timbulnya konvoi dan kerumunan menyambut pergantian tahun.

iniSURABAYA.com | SIDOARJO – Polres Sidoarjo kembali memberlakukan jam malam guna meminimalisir penyebaran Covid-19, khususnya di momen liburan akhir tahun.  

Pengetatan jam malam itu berlangsung mulai Selasa (29/12/2020) hingga 2 Januari 2021, dan berlaku pukul 22.00 sampai 04.00.

Bacaan Lainnya

Menurut Kombes Pol Sumardji, Kapolresta Sidoarjo, jam malam ini berbeda dengan yang sudah dilaksanakan saat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Artinya, lanjut Sumardji, untuk aktivitas warga keluar masuk wilayah kabupaten tersebut tidak perlu membawa surat keterangan seperti yang diberlakukan waktu PSBB.

Tindakan yang dilakukan aparat Polresta bersama jajaran Forkopimda hanya yang berkaitan dengan aktivitas berkerumun yang basa terjadi di malam menyambut pergantian tahun.

“Kami membatasi berkerumunnya orang. Bila tidak ada kerumunan ya nggak ada masalah. Selama ini kerumunan orang ada di titik-titik tertentu saat malam tahun baru, itu yang kita antisipasi,” ungkapnya.

Guna mengantisipasi terjadinya konvoi massa yang biasa terjadi saat menyambut tahun baru, petugas bakal melakukan penyekatan di sejumlah titik, seperti di Waru, Buduran, Babalayar, Candi, dan Sukodono.

“Masing-masing sudah kita sekat untuk mengantsipasi,” imbuhnya.

Sumardji menambahan, untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021, pihaknya menyiapkan tujuh pos pengamanan, yakni di perempatan Alun-Alun Sidoarjo, Gereja Santo Paulus Gedangan, Simpang Tiga Geluran Taman, Pasar Krian, bekas Kantor Perhubungan Balongbendo, dan dua pos di rest area Tol Sidoarjo.  

Selain itu, juga dua pos pelayanan di area Terminal Bungurasih Waru dan di bundaran Taman Pinang Indah Sidoarjo. Khusus di Pos Pelayanan Taman Pinang, menurut Sumardji, telah dibangun kafe berlantai dua yang menyajikan minuman khas kopi.

Pos Pelayanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 Polresta Sidoarjo tersebut ada di sebelah selatan bundaran Taman Pinang Indah.

“Pos ini dapat dimanfaatkan masyarakat umum untuk beristirahat sejenak. Silakan nikmati sajian aneka macam kopi, dan dapat duduk istirahat di lantai sambil menikmati pemandangan Kota Delta,” paparnya.

Sumardji berharap agar warga Sidoarjo tidak merayakan malam tahu baru di luar rumah bahkan berkerumun. “Mari kita sama-sama membuat rasa aman dan sehat untuk semuanya. Kita sama-sama di masa pandemi berupaya dan berusaha jangan sampai ada klaster di malam pergantian tahun baru,” cetusnya. dit

Pos terkait