Reog Chess Antarkan Faizal Rezky Dhafin Jadi Juara Bertahan 3D Printing Competition

232 views
Arumi Bachsin, Ketua Dekranasda Jatim di tengah para pemenang 3D Printing Competition.

iniSURABAYA.com – Bidak catur ternyata memiliki banyak kesamaan dengan reog. “Karakter maupun jumlah pemain antara bidak catur dan reog itu sama,” begitu ungkap Faizal Rezky Dhafin.  

Berkat karya inovasi yang diberi nama Reog Chess ini pula, Faizal berhasil merebut perhatian juri 3D Printing Competition yang digelar Dekranasda Provinsi Jawa Timur.  

Pria yang tinggal di Sidoarjo itu dinobatkan sebagai Juara Pertama dan mendapat dana sebesar Rp 850.000 dari Dekranasda Jatim untuk mencetak ide karyanya.

Faizal mengaku, pembuatan catur dengan tema reog ini salah satunya terinspirasi dari serial laris Netflix ‘The Queens’s Gambit’. Kemenangan ini merupakan yang kedua bagi Faizal dan sekaligus menetapkan posisinya sebagai juara bertahan.

Tahun lalu desain maskernya mengantar lulusan Desain Produk ITS ini menjadi jawara di acara yang sama.

“Merasa senang ada acara seperti ini. Membuat kami tidak hanya berangan-angan, berimajinasi, tapi juga bisa mewujudkannya. Salut pemerintah provinsi mau memberi perhatian untuk ini,” kata Faizal, Sabtu (19/12/2020).

3D Printing Competition ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan Dekranasda Jatim. Setelah melalui sejumlah tahapan dari pendaftaran, seleksi, hingga asistensi pembuatan produk, puncak acara awarding digelar di Visma Coffee, Art & Co-Working Space, Surabaya, Sabtu (19/12) sore.

Terpilih tiga pemenang dan satu juara favorit yang mendapatkan hadiah total senilai Rp 25,5 juta. Selain Faizal yang jadi Juara 1, di posisi kedua ada tim Gabudd Malang dengan karya Malang Heritage Planter, dan tempat ketiga diisi Dinda Khairunissa dengan karya Bajradaka.

Tim Gabudd Malang sekaligus juga membawa pulang gelar Juara Favorit. “Sangat bersyukur acara bisa tetap terselenggara di tengah pandemi,” kata Arumi Bachsin, Ketua Dekranasda Jatim.

Istri Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak itu menambahkan, 90 persen penyelenggaraan berlangsung secara virtual. “Baru di penganugerahan ini ada tatap muka dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Kami ingin tetap memberikan pengalaman acara yang bisa dikenang oleh peserta,” tegasnya. dit

#3dprintingcompetition #arumibachsin #dekranasdajatim #reogchess

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)