Sulap TPS Bertema Adat Jawa dan Beri Hadiah Buat yang Datang, “Keren! Nyoblos Serasa ke Kondangan”

322 views
Petugas KPPS di TPS 06 Puri Indah Asri Desa Sidodadi, Kecamatan Candi, Sidoarjo mendekorasi TPS dengan tema adat Jawa, termasuk juga seluruh petugasnya memakai busana sesuai tema.

iniSURABAYA.com | SIDOARJO – “Keren. Nyoblos serasa datang ke kondangan (hajatan nikahan).”

Ucapan bernada pujian itu dilontarkan warga RW 05 Puri Indah Asri begitu datang dan melakukan proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Sidoarjo di TPS 06, Rabu (9/12/2020).

Petugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 06 Puri Indah Asri, Kecamatan Candi, Sidoarjo memang punya cara unik untuk menarik minat warga datang ke TPS.

Salah satunya adalah menghias TPS dengan tema ada Jawa. Selain dekorasi unik, seluruh petugas KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara) pun berdandan senada, mengenakan busana khas Jawa lengkap dengan blangkon.

Menurut Khamin, Ketua KPPS di TPS 06 Puri Indah, tema adat Jawa itu sengaja dipilih untuk menarik perhatian warga setempat sehingga makin tertarik untuk datang dan melakukan haknya mencoblos calon kepala daerah sesuai pilihan masing-masing.

“Lewat tampilan yang berbeda ini kami sekaligus ingin memberi edukasi kepada para pemilih pemuda di lingkungan tersebut,” ujarnya.

Khamin yang juga Ketua RW 05 Kompleks Puri Indah Asri ini menyatakan, adat Jawa sudah mulai ditinggalkan dan bahkan dilupakan generasi milenial. Anak muda sekarang malah menganggap adat Jawa hanyalah bagian dari peninggalan masa lalu yang sudah ketinggalan zaman dan cenderung mengamati budaya luar.

“Sasaran utama kami adalah pemilih pemula. Kami ingin ada yang meneruskan adat dan kebudayaan nenek moyang kita. Minimal jika kami sudah tidak menjabat sebagai KPPS, masih ada pemuda yang memanfaatkan momen ini untuk mengedukasi generasi selanjutnya,” tegasnya.

Strategi lain yang dilakukan petugas KPPS di TPS 06 Puri Indah Asri ini adalah menyediakan kupon berhadiah. Bagi mereka yang datang dan sudah melakukan pencoblosan akan diberi kesempatan ambil kertas tertutup yang sudah tercantum jenis hadiah yang akan didapatnya.

Hadiahnya pun bermacam-macam, seperti minyak goreng, saus, kecap, mie instan, mangkuk, dan seputar kebutuhan rumah tangga lainnya.

Hadiah ini memang jadi daya tarik tersendiri bagi warga setempat untuk datang ke TPS. Saat membagikan lembaran undangan (surat pemberitahuan pemungutan suara) kepada warga, petugas KPPS TPS 06 sudah menebar informasi iming-iming,”Datang ya nanti ada hadiahnya, lo!”

Khamim mengaku penerapan tema adat jawa serta adanya hadiah tersebut rupanya mampu menggaet minat warga untuk datang ke TPS, termasuk mereka yang dari pemilih pemula.  

“Ini kami baru buka berapa jam, dari 293 DPT di TPS kami, saat ini sudah 150 lebih yang sudah menggunakan hak pilihnya. Termasuk mereka yang tergolong pemilih pemula juga datang silih berganti,” bebernya.

Keyakinan warga datang ke TPS ini juga karena petugas menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Di sisi tenda misalnya disiapkan tempat cuci tangan lengkap dengan sabun dan tisu.

Selain itu, juga ada sarung tangan plastik (hand glove) yang wajib dipakai selama melakukan pencoblosan. Dan di dalam tenda hanya tersedia dua kursi untuk menunggu.

“Lainnya menunggu di luar. Kalau dalam sudah kosong baru boleh masuk. Kami batasi betul pengunjung agar tidak bergerombol di dalam tenda,” urai Khamin. dit

#adatjawa #KPPS #puriindahasri #sidoarjo #TPS

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)