Peringati Hari Guru Nasional, Kepala Sekolah dan Guru TK Wiyung Ditantang Mewarnai dan Melukis, Inilah Hasilnya

260 views
Para kepala sekolah dan guru TK di wilayah Kecamatan Wiyung merayakan Hari Guru Nasional di Lenmarc Mall Surabaya,

iniSURABAYA.com – Suasana berbeda tampak di Atrium Lenmarc Mall, Selasa (26/10/2021). Siang itu, sedikitnya 70 orang guru TK terlihat asyik mewarnai gambar yang sudah dibuat polanya di atas tas kain atau totebag.

Kegiatan yang tak biasa itu dijalani para guru TK se-Kecamatan Wiyung dalam rangka Hari Guru Nasional. Selain mewarnai, puluhan guru ini juga ditantang untuk melukis dan menyanyi.

“Belum pernah melukis. Ini coba-coba. Yang penting turut memeriahkan Hari Guru,” ujar Niah, guru TK Darul Fatah.

Sambil berjongkok, Niah mengoreskan kuas yang sudah dilumuri cat acrilic di atas kanvas yang diletakkan di atas kursi. Matanya sesekali memandang ke layar tablet bergambar Suramadu.

“Biasanya guru yang menyuruh murid mewarnai. Sekarang ganti gurunya yang ditantang mewarnai,” kata Titin, guru TK Istiqomah sambil tertawa.

Suasana berubah heboh ketika Suryati Nandasari, guru TK Darul Fatah unjuk kemampuan menyanyi. Ada dua lagu yang dia bawakan, yaitu ‘Pelajar Pancasila’, dan ‘Cinta’-nya Chrisye.  

Yang bikin seru, Nanda satu-satunya guru yang tampil berbeda. Siang itu dia jadi pusat perhatian lantaran mengenakan busana khas Dayak.

“Kegiatan ini rutin kami lakukan untuk memperingati Hari Guru Nasional. Hanya tahun lalu libur karena pandemi,” ungkap Wasianing, Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan Wiyung Surabaya.

Menurut Wasianing, para guru menyambut antuisiasme acara tersebut lantaran hampir dua tahun sama sekali tak berkegiatan di sekolah seperti biasa.

Selain guru, kata Wasianing, peserta Lomba Mewarnai, Melukis, dan Menyanyi itu ada pula kepala sekolah. “Kepala sekolah ini kami minta turut berpartisipasi dalam kegiatan ini,” tegasnya.

Wasianing menambahkan, peserta kegiatan tersebut hanya kepala sekolah atau guru yang namanya sudah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Dispendik Kota Surabaya.  

Dari kegiatan lomba mewarnai ini nantinya dipilih satu yang terbaik untuk ikut di tingkat Wilayah 4 Wiyung. “Dan jika berhasil akan dikirim ke tingkat kota,” urai Wasianing yang juga Kepala TK Istiqomah ini.

Sementara Kukuk F Soeharno, Marcomm Manager Lenmarc Mall menyatakan IGTKI Kecamatan Wiyung rutin menggelar acara di pusat perbelanjaan di kawasan Surabaya Barat tersebut.

“Biasanya dalam rangka Hari Anak Nasional, dan pesertanya adalah murid. Tetapi, karena sekarang murid belum ada PTM (pertemuan tatap muka) maka kegiatan dialihkan untuk memperingati Hari Guru Nasional,” ujarnya. ap

#harigurunasional #lenmarcmall #surabaya

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)