Sukses Daur Ulang Barang Bekas Jadi Hiasan Meja, Lauren Incar Ikut Pameran UMKM

912 views

iniSURABAYA – Laurensia Andry dan sang kakak, Bernardus Dian Wijaya belakangan disibukkan aktivitas pemesanan pernik suvenir dan hiasan meja yang mereka buat dari barang bekas. Berawal dari wadah lilin berbentuk bunga teratai, kreativitas Lauren dan Dian pun berkembang.

Mereka lalu berkreasi membuat suvenir dalam bentuk boneka. “Bahannya dari kain flannel untuk membungkus dakron agar berbentuk tubuh boneka. Kalau dari bahan sendok bentuknya sangat terbatas,” tandas Lauren.

Seperti wadah lilin untuk pengerjaan boneka ini pun dilakukan dengan manual. “Semua pakai tangan. Kalau tempat lilin finishingnya direkatkan pakai lem tembak, sedang boneka dilem dan dijahit,” papar Lauren.  

Siapa sangka hasil kreasinya ini, membuat banyak orang jadi tertarik dan ingin memiliki hasil kreativitas Lauren dan sang kakak tersebut.

Pelanggan pun mengalir setiap hari. Dan mereka senang atas karya yang dikreasi dari barang-barang bekas tersebut.

Dari besarnya antusiasme masyarakat itulah ide-ide kreatif Lauren dan Dian seakan terus ditantang. Barang daur ulang yang mereka olah pun semakin berkembang dan bermacam-macam.

Seperti wadah lilin berbahan kaleng rokok bekas berbentuk kelopak bunga teratai, boneka dari bahan botol bekas, boneka dari kain dakron, tatakan lampu dari sedotan plastik dan masih banyak lagi. Seiring dengan semakin meluasnya pelanggan, maka produk yang dibuat Lauren bareng Dian pun terus berkembang.

Harga yang ditawarkan untuk produknya bermacam-macam. Sesuai dengan jenis, model dan lamanya pembuatan. Model tempat lilin dia hargai Rp 15 ribu, kemudian boneka dari dakron dan boneka dari botol minuman bekas dia hargai Rp 85 ribu.

Rencanya selanjutnya yang akan dilakukan Lauren, ikut sejumlah pameran UMKM. Harapannya apalagi, jika produknya dapat dikenal oleh masyarakat secara luas. ”Pameran saja yang belum ikut, rencananya mau ikut,” tutupnya. sum

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)