Edukasi Buah yang Baik dan Bergizi lewat Forbidden Fruits di GeoFresh

Tidak hanya buah segar yang dipasok para petani, di GeoFresh juga banyak buah dengan bentuk unik.

iniSURABAYA.com – Forbidden fruit ada di Surabaya? Ini memang bukan ‘buah terlarang’ seperti di zaman Nabi Adam, saat pertama kali manusia diciptakan.

Nama forbidden fruit ini diambil filosofinya sebagai ‘pelajaran’ mengenai buah yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi. “Jadi forbidden fruits yang ada di GeoFreh ini adalah ‘pohon pengetahuan’,” ungkap dr Geo Ferdy, founder GeoFresh Indonesia, Selasa (11/1/2021).

Ditemui di acara peresmian gerai buah segar di kawasan Jl Dharmahusada Indah Surabaya, Geo Ferdy menyatakan forbidden fruits di GeoFresh ini adalah buah yang memiliki bentuk tidak biasa, yaitu kotak dan hati.

“Buah melon ini sengaja dikembangkan bentuknya sesuai tren,” ungkapnya.   

Geo Ferdy menekankan buah dengan bentuk yang tidak umum itu diperoleh langsung dari petani yang sudah mendapat pelatihan-pelatihan sehingga bisa menanam dan menghasilkan buah yang unik.

“Kami berikan pengetahuan baru kepada petani maupun juga masyarakat tentang buah dan sayur yang layak konsumsi,” urainya. Buah tersebut, kata Geo Ferdy, kini sudah masuk ke pasar-pasar modern.

Geo Ferdy menekanan, hadirnya GeoFresh ini untuk memberi jaminan pasar pada para petani buah. “Selama ini petani selalu jadi korban bisnis buah dan sayur. Karena saat panen, mereka diminta menjual dengan harga semurah mungkin untuk memenuhi modern market,” tandasnya.

Meski begitu, diakui Geo Ferdy, untuk bisa memenuhi pasar modern pihaknya melakukan pembinaan pada petani sehingga bisa menghasilkan produk yang memenuhi standar GeoFresh.

“Jadi GeoFresh ini jadi tempat petani menjual produknya dengan jaminan harga yang pantas,” tuturnya.

Dia menambahkan pula, pembinaan pada petani di seluruh Jawa itu di sisi lain memberi kepastian pada pelanggan mendapatkan produk yang baik. “Kami edukasi mulai dari proses pembibitan, penanaman, pemupukan, panen dan memastikan proses pengiriman tetap terjaga hingga ke tangan konsumen,” bebernya.

GeoFresh juga minta petani berkomitmen untuk menghasilkan produk yang baik kualitasnya, maupun bentuknya sehingga memberi asupan gizi bagi konsumen.  

Dia menyadari, kebutuhan buah segar sangat dibutuhkan masyarakat, sebab di saat pandemi seperti ini tingkat kesadaran mengenai gaya hidup sehat semakin meningkat.

Buah memiliki kandungan protein, vitamin dan serat yang baik bagi metabolisme tubuh. “Guna mendukung gaya hidup sehat, kami jamin buah yang ditanam petani kami tidak mengunakan pestisida,” tegasnya.

Selain melon berbentuk kotak, di GeoFresh juga bisa ditemukan Alpukat Haas, Buah Naga Hitam, dan aneka buah unik lainnya.

Selain store buah di lantai satu, di lantai dua, pelanggan juga bisa menikmati produk olahan buah segar, seperti salad buah, rujak manis, rujak bangkok, infuse water, dan jus buah.

Berbeda dengan store buah dan sayur pada umumnya, menariknya di GeoFresh menggunakan sistem pembayaran Pay As You Feel alias bayar sesukannya. ap

Pos terkait